Cara Mudah Atasi Bayi Demam Tanpa Perlu Pergi ke Dokter

Cara Mudah Atasi Bayi Demam Tanpa Perlu Pergi ke Dokter

Anak bayi rentan sekali terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering di derita oleh bayi adalah demam. Saat demam, tak sedikit para orang tua yang panik untuk menenangkan bayi mereka yang rewel. Karena takut terjadi gejala yang semakin parah, tak sedikit para ibu-ibu yang membawanya langsung ke dokter. Hal ini biasanya terjadi pada orang tua baru yang takut jika terjadi apa-apa dengan si kecil. Demam pada bayi merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan penyakit. Bayi demam bisa dikarenakan ada sesuatu yang asing masuk ke dalam tubuhnya, seperti virus, mikroba berbahaya, maupun alergi karena sesuatu.

 Cara Mudah Atasi Bayi Demam Tanpa Perlu Pergi ke Dokter

Saat benda asing tersebut masuk ke dalam tubuh bayi, sistem kekebalan tubuhnya memproduksi zat yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Hal inilah yang menyebabkan suhu tubuh bayi menjadi meningkat. Demam menjadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan virus dan berhasil mencegah penyebarannya. Oleh karena itu, tidak semua demam harus ditangani dengan obat. Terkadang cukup dengan membiarkannya sembuh dengan sendirinya. Demam pada bayi dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu demam ringan, demam sedang, dan demam tinggi. Demam ringan biasanya suhu bayi mencapai 37 – 37,5 derajat Celcius, sementara untuk demam sedang mencapai 38 – 38,5 derajat Celcius. Untuk demam tinggi mencapai 39 derajat Celcius.

Gejala yang terjadi pada bayi demam cukup beragam, seperti rewel, badan terasa panas, terlihat lesu, menangis tanpa sebab, napas pendek-pendek, mudah marah, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, gangguan tidur, dslb. Sebagai orang tua, penting untuk mengetahui penanganan yang tepat ketika bayi terkena demam. Hal ini untuk mencegah demam semakin parah, jika Anda kesulitan membawanya ke dokter. Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan.

  • Bersikap tenang. Sebaiknya tenang dan tidak usah panik atau gugup saat bayi terkena demam, sehingga si kecil tidak akan bertambah parah demamnya dan terus menangis.
  • Memeriksa suhu tubuh bayi. Gunakan thermometer untuk mengetahui seberapa tinggi suhu tubuhnya, sehingga Anda bisa mengetahui cara tepat untuk mengatasinya.
  • Memberikan pengobatan yang sesuai. Untuk demam ringan dan sedang, Anda bisa menggunakan obat penurun demam bagi bayi di bawah usia 1 tahun. Di atas usai itu bisa Anda lakukan kompres.
  • Jika kesulitan menghubungi dokter, kendalikan suhu tubuh bayi agar tidak naik.
  • Mendinginkan suhu ruangan.
  • Membasahi handuk dengan air dingin dan usapkan pada kening, leher, serta lengan bayi untuk menurunkan demam.
  • Memberi minuman dingin jika bayi Anda sudah cukup umur untuk mengkonsumsi minuman selain ASI.
  • Memberi obat penurun panas yang sesuai dengan anjuran dokter.
  • Menyusui bayi sesuai keinginannya.
  • Memeriksa suhu tubuh bayi secara rutin setiap beberapa jam sekali.
  • Hubungi dokter jika kondisi bayi demam tidak kunjung membaik dan turun demamnya.
Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan