Cara Sehat Diet Ibu Hamil

Setiap ibu hamil tentunya mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis. Kenaikan ideal pada ibu hamil rata-rata adalah sebesar 11-15 kilogram. Jumlah kenaikan ini tentunya merupakan pertambahan berat badan yang sehat, karena apabila berat badan naik lebih dari itu bisa menyebabkan kehamilan yang tidak sehat sehingga harus menjalani diet ibu hamil agar berat badan menjadi stabil.Meski kenaikan berat badan saat hamil merupakan sesuatu hal yang lumrah, akan tetapi para ibu tetap harus menjaga berat badan dan menanamkan pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Keadaan overweight atau naiknya berat badan secara berlebih memiliki risiko saat masa kehamilan, persalinan, serta pasca persalinan, risiko ini tak hanya pada  ibu hami saja, tetapi juga bagi bayi yang dikandungnya.  Risiko kehamilan pada ibu yang overweight bisa menyebabkan hipertensi dan diabetes. Sedangkan bagi bayi, risiko yang dapat terjadi adalah tidak optimalnya penyaluran oksigen pada janin karena terhambat lemak yang ada dalam tubuh ibu, hal ini tentunya dapat menyebabkan tidak maksimalnya pertumbuhan serta perkembangan janin.

Ibu hamil biasanya memiliki nafsu makan yang meningkat, akan tetapi para ibu hamil tetap harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar tidak terjadi kenaikan berat badan yang terlalu berlebih.

Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan oleh para ibu yang ingin melakukan diet ibu hamil yang sehat sehingga dapat mewujudkan kehamilan dengan berat badan yang ideal.

Sarapan

Aktifitas sarapan sangatlah penting dan wajib dilakukan oleh ibu hamil. Selain baik untuk kesehatan, sarapan juga bisa mencegah timbulnya rasa lapar pada ibu dan menghindarkan ibu untuk menyantap makan siang dengan porsi besar. Sarapan juga akan menghindarkan ibu dari rasa pening, mual, serta lemas.

Baca Juga : Bahaya Diet Ibu Hamil dengan Pil Pelangsing

Makan Makanan Berserat

Makanan yang banyak mengandung serat sangat bermanfaat bagi ibu hamil, apalagi ibu yang sedang hamil seringakali mengalami sembelit, sehingga makan banyak serat akan dapat membantu pencernaan lebih lancar.

Kurangi Makanan Manis dan Berlemak

Makanan manis memang membuat ibu terhindar dari rasa mual, akan tetapi jika ibu terus menerus ngemil makanan manis serta berlemak justru akan membuat berat badan ibu cepat naik dengan drastis. Oleh karena itu, ibu harus mengurangi makanan manis dan berlemak seperti snack, gorengan, serta jeroan.

Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Ibu yang sedang hamil juga harus mengonsumsi air minum minimal 8 gelas sehari, selain melancarkan metabolisme tubuh, minum air putih juga dapat memperlambat rasa lapar pada ibu hamil.

Makan Makanan yang Dikukus atau Direbus

Ibu hamil harus mengurangi mengonsumsi makanan yang digoreng, alangkah baiknya jika ibu hamil makan makanan yang dikukus atau direbus. Ini untuk menghindarkan ibu hamil dari lemak jenuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih.

Untuk menjalani diet, para ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter agar diet ibu hamil yang dijalani tidak salah dan sesuai dengan kondisi ibu hamil.

Be Sociable, Share!
 Cara Sehat Diet Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *