Cari Tahu Di Sini, Apa Saja yang Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Cari Tahu Di Sini, Apa Saja yang Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Memiliki anak merupakan hal yang membahagiakan bagi setiap orang tua, terlebih lagi bagi mereka yang baru saja menikah. Banyak pasangan yang ingin memiliki jenis kelamin bayi tertentu, misalnya ada menginginkan anak perempuan dan adapula yang menginginkan anak laki-laki. Namun, kedua peluang tersebut memiliki persantase yang sama. Untuk mengetahui apa yang menentukan jenis kelamin pada bayi, simak ulasan lengkap berikut ini

Cari Tahu Di Sini, Apa Saja yang Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Mengenal Kromosom Penentu Jenis Kelamin

Kromosom sperma laki-laki yang bertemu dengan kromosom sel telur wanita adalah kunci dalam menentukan jenis kelamin bayi. Tidak hanya itu saja, kromosom juga berperan penting dalam menentukan ciri-ciri fisik manusia, misalnya tinggi badan, rambut dan warna mata. Untuk membentuk jenis kelamin laki-laki dibentuk dari kombinasi kromosom X dan kromosom Y, sedangkan untuk membentuk jenis kelamin perempuan terbentuk dari kombinasi dua kromosom X. Dalam satu sel sperma mengandung salah satu kromosom X atau kromosom Y. Sedangkan setiap sel telur wanita mengandung satu kromosom X

Ketika terjadi proses pembuahan, semua sperma yang mengandung kromosom X maupun kromosom Y bergerak menuju sel telur dengan cepat. Namun, hanya satu sel sperma dengan salah satu kromosom yang berhasil bersatu dengan sel telur sehingga menjadikannya janin. Bayi laki-laki ataupun bayi perempuan ditentukan oleh sperma, baik kromosom X atau Y mana yang lebih dulu sampai di sel telur. Misalnya sperma kromosom Y yang lebih dahulu berhasil sampai sel telur, maka janin akan berkromosom XY sehingga Anda akan mengandung jenis kelamin bayi laki-laki. Namun, jika sperma yang berkromosom X lebih dulu mencapai sel telur, maka Anda akan mengandung janin berkromosom XX yang artisnya jenis kelamin perempuan.

Mitos Seputar Penentu Jenis Kelamin Bayi

Di masyarakat, terdapat banyak mitos yang dianggap bisa menentukan jenis kelamin. Padahal semua saran tersebut belum terbukti benar secara medis. Beberapa saran tersebut dijelaskan di bawah ini.

  • Lebih banyak mengonsumsi makanan tertentu.

Banyak yang menganggap jika wanita yang banyak mengonsumsi kalsium, magnesium, vitamin tertentu akan berkesemapatan lebih besar mendapatkan anak berjenis kelamin perempuan. Namun, ada pula yang beranggapan bawa wanita yang banyak mengonsumsi makanan asin selama masa kehamilan bisa mengandung jenis kelamin bayi laki-laki.  

Padahal kenyataannya wanita hamil harus selalu mengonsumsi aneka jenis makanan bernutrisi agar kandungannya tetap sehat, bukan untuk mendapatkan bayi berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan. Membatasi mengonsumsi makanan tertentu dan memperbanyaka konsumsi makanan lain justru bisa membuat tubuh jadi kekurangan gizi.

  • Melakukan hubungan seksual dengan posisi dan waktu tertentu.

Posisi berhubungan seksual juga dianggap bisa menentukan jenis kelamin bayi. Banyak yang beranggapan jika posisi pria di atas saat berhubungan intim bisa membuat peluang mendapatkan anak perempuan jadi lebih besar. Sedangkan, berhubungan intim dengan posisi berdiri dianggap akan lebih memungkinkan bisa memiliki bayi laki-laki.

Namun, faktanya secara ilmiah anggapan mengenai posisi hubungan seksual tertentu tidak ada kaitannya dengan jenis kelamin bayi akan Anda kandung.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan