Cermati 3 Hal Penting ini Sebelum Memberikan Obat untuk Bayi

Cermati 3 Hal Penting ini Sebelum Memberikan Obat untuk Bayi

Sesuai dengan fungsinya, obat memang berguna untuk menyembuhkan atau meredakan sakit yang diderita. Hanya saja, memberikan obat pada bayi tidak bisa dilakukan sembarang layaknya Anda memberikan obat pada orang dewasa. Pasalnya jika pemberian obat untuk bayi yang tidak tepat justru bisa membahayakan kesehatan bayi itu sendiri.

Cermati 3 Hal Penting ini Sebelum Memberikan Obat untuk Bayi

Kondisi yang Mungkin Tidak Membutuhkan Obat

Kebanyakan orang tua yang panik selalu memberikan obat untuk bayi ketika sakit tanpa pikir panjang. Padahal, tidak semua gangguan kesehatan yang dialami bayi perlu diatasi dengan obat. Berikut ini ada beberapa kondisi bayi yang sebaiknya tidak membutuhkan obat.

  • Pilek

Umumnya pilek atau flu bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pemberian obat setelah seminggu hingga dua minggi. Dokter anak mengatakan bahwa anti-biotik tidak dapat menyembuhkan gejala pilek atau flu yang disebabkan infeksi virus.

Sedangkan pendapat ahli lain mengungkapkan jika obat pilek hanya bisa meredakan gejala saja, tidak untuk menyembuhkan. Maka sebaiknya Anda tidak perlu memberikan obat untuk bayi yang mengalami pilek. Anda bisa melakukan penanganan dengan cara istirahat yang cukup dan beri ia minum air hangat. Untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat, siasati dengan memberikan tetesan atau semprotan cairan garam untuk mengencerkan lendirnya

  • Batuk

Ketika si kecil mengalami batuk, jangan langsung memberikannya obat batu karena sebenarnya batuk justru bisa mengeluarkan lendir yang menghalangi saluran pernapasan bayi. Tidak perlu sampai memberikan obat untuk bayi, cukup pastikan saja ia mendapatkan istirahat yang cukup dan berikan asupan ASI sebab bayi membutuhkan banyak cairan dalam melawan infeksi bakteri.

  • Demam

Kondisi bayi yang mengalami demam mengindikasikan jika tubuh Si Kecil sedang bertarung melawan infeksi. Oleh sebab itu, pemberian obat untuk bayi tidak begitu diperlukan, terlebih lagi jika kondisi ini tidak disertai dengan gejala berbahaya lainnya.

Panduan Memberikan Obat untuk Bayi

Meski pada akhirnya dokter memutuskan bahwa Si Kecil harus berikan obat, maka pemberiannya pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memberikan obat untuk bayi, misalnya memilih obat yang menyediakan gelas atau sendok takaran khusus, memastikan informasi dosis dan waktu pemberian obat serta memastikan bahwa ada petunjuk pemakaian yang tercantum pada kemasan obat.

Cara Memberikan Obat kepada Bayi yang Benar

Memberikan obat untuk bayi bukanlah perkara mudah. Terdapat beberapa aturan dalam melakukannya, seperti mencuci tangan Anda sebelum memberikan obat pada Si Kecil, kocok obat terlebih dahulu jika obat yang diberikan dalam bentuk cair, gunakan alat takar yang sudah diberikan, hindari penambahan dosis obat dari yang dianjurkan, jangan pernah memberi aspirin pada bayi, hindari menggunakan resep lama dan pastikan Anda mencermati berapa kali obat tersebut harus diberikan pada bayi, misalnya 2 kali sehari atau 3 kali sehari.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan