Ciri-Ciri Balita Sehat yang Perlu Orang Tua Ketahui

Melihat tumbuh kembang anak seiring usianya bertambah merupakan hal yang paling membahagiakan dan harapan bagi semua orang tua, apalagi anak tumbuh dengan sehat dan ceria. Mengetahui ciri-ciri balita sehat sangat berguna untuk menjaga kesehatannya dan melakukan tindakan cepat jika dirasa balita mengalami sakit.

Namun sayangnya masih banyak orang tua yang tidak mengetahui dan mengenali ciri-ciri balita yang sehat atau sebaliknya. Balita yang kondisinya sehat bisa dilihat dari fisik dan fisikis atau mentalnya. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai ciri-ciri balita yang tumbuh sehat.

Anak Bergerak Aktif dan Lincah

Balita yang bergerak dengan aktif dan lincah bisa menjadi ciri anak tumbuh sehat. Gerakan yang aktif dan lincah menandakan otot-otot ditubuhnya sudah kuat dan lentur sehingga ia dengan bebas bergerak lincah. Jika Anda menemui kondisi anak yang lemas dan tidak mau bergerak sebaiknya waspada, karena bisa jadi anak kekurangan gizi dan nutrisi.

Nafsu Makan Seimbang

Setiap anak akan mengalami nafsu makan menurun di setiap tahap perkembangan, namun hal tersebut sifatnya hanya sementara dan akan kembali normal. Jika nafsu makan anak terus menerus bisa menjadi tanda anak sedang mengalami gangguan kesehatan. Balita yang sehat memiliki nafsu makan yang seimbang dan stabil sehingga asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya terpenuhi.

Baca Juga:Ini Tahap Perkembangan Bayi Usia 3 Sampai 9 Bulan

Tidur Nyenyak

Selain makan yang lahap, balita sehat terlihat dari pola tidur yang teratur. Anak akan tidur dengan nyenyak sepanjang malam. Seperti kita ketahui anak-anak membutuhkan waktu yang istrihat cukup agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

Rambut, Gigi dan Gusi Sehat

Rambut juga bisa menjadi tanda apakah balita sehat atau sedang mengalami gangguan kesehatan. Rambut yang sehat adalah yang tidak mudah rontok artinya nutrisi yang dibutuhkan sudah tercukupi.

Ciri lainnya adalah memiliki gigi dan gusi yang sehat tidak berdarah dan berlubang. Jika gusi mudah berdarah ada kemungkinan mengalami gangguan defisiensi atau kekurangan vitamin C. Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi sebaiknya Anda membawa balita ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan rutin.

Buang Air Besar Lancar

BAB yang lancar, tidak diare ataupun semeblit adalah ciri lainnya balita dalam kondisi sehat dan pencernaannya baik. Sembelit yang terlalu lama bisa mengakibatkan gangguan pada organ dalam karena sisa makanan yang dimakan terlalu lama tersimpan dan bisa menyebabkan ambient.

Sedangkan diare menunjukkan adanya gangguan alat pencernaan. Penyebab diare bisa bermacam-macam, salah satunya karena makanan yang tidak terjaga, tangan kotor saat memegang makanan dsb. Jika sembelit dan diare tidak kunjung sembuh sebaiknya segera priksakan ke dokter.

Demikian tanda atau ciri-ciri balita sehat. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!
 Ciri-Ciri Balita Sehat yang Perlu Orang Tua Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *