Ciri-ciri Balita Sehat

Setiap orangtua tentunya ingin melihat balitanya tumbuh dan berkembang dengan sehat. Orangtua pun harus peka untuk selalu memperhatikan dan mencermati perkembangan balitanya. Akan tetapi, mungkin karena terlalu sibuk, orangtua terlewatkan hal-hal penting tentang perkembangan balita. Oleh karena itu, untuk membantu orangtua, berikut ini adalah ciri-ciri balita sehat yang dapat diamati oleh para orangtua:

Lincah dan Aktif

Balita yang sehat tentunya memiliki perilaku yang aktif dan lincah, mereka akan aktif bergerak serta berceloteh. Dengan gerakan yang luwes dan lincah, menandakan bahwa sendi dan otot seluruh tubuh anak bekerja dengan baik. Oleh karena itu, apabila anak tiba-tiba lesu dan tidak aktif seperti biasanya, orang tua perlu mewaspadai jika anak sedang tidak enak badan.

Responsif

Balita yang memiliki perkembangan baik dan sehat akan memberikan respon apabila diberikan stimulasi, misalnya ketika anak diajak berbicara atau ketika anak dikenalkan dengan benda-benda baru di sekitarnya.

Rambut Tidak Kusam

Balita yang sehat memiliki warna rambut yang cemerlang, oleh karena itu jika rambut anak terlihat kusam dan rontok, itu bisa jadi tanda bahwa anak kekurangan zat atau gizi tertentu seperti zinc dan vitamin B kompleks.

Baca Juga : Manfaat Senam Ibu Hamil

Gigi Cemerlang

Gigi anak sangat mudah rusak, oleh karena itu apabila gigi anak mengalami kerusakan bisa jadi tubuh anak mengalami kekurangan kalsium. Ajarkan anak untuk menyikat gigi secara rutin dan membawa anak ke dokter gigi 6 bulan sekali.

Suhu Tubuh Normal

Tubuh anak ada dalam kondisi sehat jika suhunya berkisar antara 36.5o C – 37,5o C. Apabila suhu tubuh naik, maka kondisi anak dalam keadaan sakit.

Postur Tegap

Balita yang sehat memiliki perkembangan postur tubuh yang tegap dengan bentuk tulang yang lurus dan padat.

Makan Lahap

Balita yang sehat akan memiliki nafsu makan yang baik, melahap beragam makanan dengan gizi serta nustrisi yang seimbang.

Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak adalah salah satu ciri balita sehat. Balita di bawah usia 5 tahun memiliki waktu tidur rata-rata 10 jam per hari. Waktu tidur ini mendukung adanya perkembangan yang baik pada sel-sel saraf otaknya.  

BAB Lancar

Balita yang sehat memiliki jadwal BAB (Buang Air Besar) yang teratur, lancar dan tidak sembelit. BAB yang teratur menunjukkan bahwa organ pencernaan dalam tubuh bekerja dengan baik.

Pertumbuhan Sesuai KMS

Untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan balita, orangtua bisa menyesuaikannya dengan KMS (Kartu Menuju Sehat). Jika pertumbuhan dan perkembangannya sesuai, maka anak terbilang sehat, sedangkan bila pertumbuhan dan perkembangan balita tidak sesuai, maka harus segera dikonsultasikan dengan dokter.  

Apabila mendapati tubuh balita anda tidak sesuai dengan ciri-ciri balita sehat yang telah disebutkan di atas, ada baiknya dikonsultasikan atau diperiksakan ke bidan atau dokter. Kesehatan balita adalah yang utama, sehingga orangtua harus lebih cermat untuk mengawasi dan memperhatikan setiap perkembangannya.

Be Sociable, Share!
 Ciri-ciri Balita Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *