Daftar Makanan untuk Ibu Menyusui yang Paling Bagus

Seorang ibu yang menyusui pastinya membutuhkan banyak asupan. Hal ini karena makanan yang ibu makan akan disalurkan ke bayinya dalam bentuk sari makanan. Maka dari itu apabila seorang ibu yang menyusui memakan makanan yang baik dan sehat maka tentu saja bayi Anda akan menjadi kuat dan juga sehat. Oleh karena itu dalam memilih makanan untuk ibu menyusui harus benar dan tepat, karena tidak semua makanan baik untuk ibu menyusui. Namun ada beberapa daftar makanan yang baik yang ibu menyusui. Sebaiknya bagi Anda yang kini tengah menyusui bayi Anda maka sebaiknya Anda paham apa saja makanan yang baik untuk Anda. Serta juga makanan yang sehat untuk bayi Anda.

Daftar makanan ini sebaiknya setiap hari Anda konsumsi untuk mendapatkan energi yang cukup serta beberapa mineral lainnya yang akan sangat dibutuhkan oleh bayi Anda. Beberapa makanan tersebut adalah:

  • Ikan salmon
    Sepertinya semua orang paham bahwa ikan salmon adalah ikan paling sehat. Namun ternyata ikan ini juga sangat baik untuk ibu yang menyusui. Kandungan omega dalam ikan ini sangat baik untuk kecerdasan otak anak.
  • Daging tanpa lemak
    Siapa bilang ibu menyusui tidak boleh makan daging. Malah daging adalah makanan tidak dibutuhkan oleh ibu yang tengah menyusui. Namun usahakan daging yang Anda pilih adalah daging yang tanpa lemak.

Selain dalam bentuk makanan, ibu yang menyusui juga diperbolehkan untuk mengemil. Namun camilan yang dipilih oleh ibu menyusui harus benar. Kacang-kacangan adalah salah satu makanan untuk ibu menyusui dalam bentuk makanan ringan yang paling baik untuk ibu maupun bayi Anda. Anda dapat memilih untuk makan kacang almond atau juga kacang mete. Namun tentunya kacang yang Anda makan harus dengan porsi yang sedikit atau yang sewajarnya saja. Karena apabila Anda memakan kacang juga akan berakibat kurang baik untuk Anda maupun untuk bayi Anda.

Baca Juga : Tahap perkembangan bayi usia 3 sampai 9 bulanĀ 

Jika tadi sudah Anda ketahui lauk maupun camilan yang baik untuk ibu menyusui, maka Anda juga harus paham sumber karbohidrat yang baik untuk Anda. Selain nasi ada beberapa makanan lagi yang baik untuk Anda makan ketika Anda menyusui. Beberapa makanan yang mengandung banyak energi tersebut antara lain:

  • Beras merah.
  • Roti gandum.

Beras merah mengandung lebih banyak karbohidrat, sehingga dengan makan beras merah maka kebutuhan energi Anda akan tercukupi. Selain itu makanan untuk ibu menyusui lainnya yang baik adalah roti gandum. Ini adalah salah satu pengganti sumber karbohidrat apabila Anda bosan makan nasi. Namun Anda juga harus tetap banyak minum air karena air ini juga akan sangat baik untuk Anda dan juga bayi Anda.

Be Sociable, Share!
 Daftar Makanan untuk Ibu Menyusui yang Paling Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *