Dampak Positif Menyusui Bayi dengan ASI Eksklusif Bagi Buah Hati

Dampak Positif Menyusui Bayi dengan ASI Eksklusif Bagi Buah Hati

Memiliki bayi yang sehat merupakan idaman setiap orangtua khususnya bagi para ibu. Tahapan perkembangan buah hati selalu menjadi prioritas utama bagi para orangtua. Hal yang menjadi impian setiap ibu adalah dapat menyusui bayi mereka dengan ASI secara eksklusif. Pemberian ASI tentunya akan memberikan dampak positif bagi bayi juga si ibu. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan diantaranya:

Dampak Positif Menyusui Bayi dengan ASI Eksklusif Bagi Buah Hati

Kandungan Khusus Dalam ASI

Nutrisi yang ada di dalam ASI tidak bisa disetarakan dengan susu formula. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa terdapat kurang lebih 100 bahan yang tidak ditemukan pada susu formula. Komposisi nutrisi ASI juga mengalami perubahan seiring dengan kebutuhan bayi Anda.

Makanan Paling Aman

ASI tidak akan pernah basi atau terkontaminasi jika si ibu dalam keadaan sehat sehingga bisa dikatakan sebagai makanan yang paling aman bagi buah hati.

Mulut Lebih Kuat

Kegiatan menyusui bayi juga dapat membantu pembentukan mulut bayi menjadi lebih kuat karena secara otomatis melatih rahang, gusi, gigi dan palate sehingga perkembangan oralnya akan terbentuk secara optimal.

Mudah Dicerna

Sistem pencernaan bayi yang masih sensitif membuat para orangtua harus selektif dalam memilih makanan bagi bayi mereka. ASI adalah makanan yang paling aman dan bergizi bagi bayi karena sangat mudah dicerna. Bayi yang mengonsumsi ASI cenderung terhindar dari risiko kembung dan muntah berlebihan.

Mencegah Alergi

Menyusui bayi dengan ASI merupakan salah satu cara agar bayi terhindar dari alergi. Selain itu, juga membantu menurunkan risiko asma dan eksim yang biasa terjadi pada bayi yang mengkonsumsi susu formula.

Terhindar Dari Ruang Popok

Feses bayi tidak akan menimbulkan bau yang terlalu menyengat maupun menyebabkan ruam popok jika mengkonsumsi ASI.

Menenangkan Perut

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli menyatakan bahwa ASI dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan karena meskipun pergerakan ASI cukup cepat namun tetap menenangkan perut bayi.

Terhindar Dari Infeksi

Menyusui bayi dengan ASI dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga akan memperkecil kemungkinan infeksi atau berbagai penyakit seperti difteri, polio, dan tetanus. Selain itu meningkatkan perlindungan melawan SIDS (sudden infant death syndrome)

Meratakan Lemak

Bayi yang mengonsumsi ASI biasanya akan memiliki berat badan yang ideal jika dibandingkan dengan bayi yang mengonsumsi susu formula. Hal ini dikarenakan kalori dalam ASI lebih terkontrol daripada susu formula.

Memberikan Kepuasan

Menyusui bayi dapat memberikan rasa kepuasan pada buah hati Anda karena bisa meredakan kegelisahan.

Meningkatkan Kecerdasan

Memberikan ASI eksklusif pada bayi bisa meningkatkan IQ hingga usia 15 tahun. Hal ini dikarenakan saat ibu menyusui terjadi interaksi kuat sehingga meningkatkan perkembangan intelektualnya. Selain itu ASI juga mengandung asam lemak pembentuk otak.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan