Deretan Makanan Bayi yang Bisa Diberikan Pada Si Kecil

Deretan Makanan Bayi yang Bisa Diberikan Pada Si Kecil

Semakin bertambahnya usia bayi, maka bayi mulai membutuhkan asupan lain selain asi atau susu formula. Biasanya ini terjadi ketika usia bayi sudah berusia 6 bulan ke atas. Nah, di saat itulah Anda para ibu harus menyiapkan finger food untuknya. Bagi Anda yang tidak familiar dengan kata finger food, finger food adalah makanan bayi yang mudah dimakan oleh bayi. Seperti mudah untuk dikunyah, digigit, ditelan atau dicerna oleh bayi Anda. Dengan Anda para ibu memberi anak finger food, secara tidak langsung Anda tela melatih anak Anda untuk bisa mandiri dalam makan sekaligus melatih keterampilan motorik halusnya.

Deretan Makanan Bayi yang Bisa Diberikan Pada Si Kecil

Tapi, dalam memberikan finger food ini Anda juga tidak bisa sembarangan, Anda harus tetap memilah makanan mana yang cocok untuk perut si kecil agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Makanan yang akan menjadi finger food si kecil juga harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya. Bagi, Anda yang masih ragu dan bingung dalam menentukan finger food untuk buah hati Anda, beberapa pilihan dibawah ini mungkin bisa menjadi referensi finger food yang bisa Anda berikan pada si kecil.

  • Sereal, Makanan satu ini bisa menjadi finger food untuk bayi Anda. Tapi, dalam memilih sereal, pastikan sereal yang Anda pilih rendah gula dan tanpa zat pewarna.
  • Keju, makanan bayi lain yang bisa Anda berikan pada Anak Anda adalah keju. Caranya potong keju menjadi potongan-potongan kecil untuk memudahkan si kecil makan, juga pilih keju yang bertekstur empuk. Anda bisa menggunakan keju yang berbentuk lembaran tipis.
  • Roti panggang, Untuk makanan yang satu ini bisa Anda berikan pada anak Anda saat usianya sudah mulai besar. Caranya dengan memotong-motong roti dalam ukuran yang menurut Anda si kecil mudah memakannya.
  • Pasta, Anda juga bisa memberikannya pasta yang telah dipotong kecil atau biasa disebut fusili. Dan pastikan pasta direbus hingga matang.
  • Daging, selain makanan diatas, daging juga bisa menjadi pilihan Anda, Anda bisa memberikan anak Anda daging ayam atau sapi yang direbus hingga empuk lalu disuir-suir agar mudah untuk dimakan.
  • Telur, untuk makanan yang satu ini, Anda harus memastikan telur benar-benar matang sebelum diberikan pada anak Anda, hal ini bertujuan agar anak tidak terkontaminasi bakteri yang ada pada telur. Anda bisa memberikan makanan ini dalam bentuk telur rebus lalu memotongnya atau bisa juga dibuat telur orak-arik.
  • Buah, untuk buah, pilihlah buah yang mudah dikunyah oleh anak Anda, misalkan pisang atau semangka. Jangan lupa juga buah nya sudah matang.
  • Sayuran, Anda juga bisa memberikan anak Anda sayuran yang sudah direbus. Seperti wortel, kol atau kentang.

Dalam memilih makanan bayi ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari demi kebaikan buah hati Anda seperti tidak memberi makanan yang terlalu manis, memberi makanan yang keras atau makanan yang mengandung biji ukuran kecil.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan