Deretan Makanan Sehat untuk Bayi Berumur 9 Bulan

Ketika memasuki usia 9 bulan, biasanya bayi tertarik untuk makan dengan mempergunakan tangannya sendiri. Contohnya dengan meraup makanan mempergunakan tangannya, hingga ia bisa memegang makanan menggunakan jarinya. Ketika saat inilah bayi akan memberikan tanda jika ia telah siap mengkonsumsi berbagai macam makanan. namun, Anda harus mengetahui apa saja makanan sehat untuk bayi yang berusia 9 bulan, karena ada beberapa makanan yang belum boleh ia konsumsi. Ketika memasuki usia 9 bulan, makanan yang halus seperti bubur, bisa perlahan dihentikan, sekarang si kecil sudah belajar mengenal warna, aroma hingga tekstur makanan. makanan yang dikonsumsi tidak cukup di potong kecil namun pastikan jika makanan telah dimasak hingga lunak.

Anda bisa memberi si kecil sayuran yang direbus sampai lunak serta dipotong dengan ukuran kecil seperti kentang, kacang polong hingga wortel. Sayuran ini bukan hanya dijadikan sebagai menu makan utama, namun dapat dijadikan sebagai camilan si kecil. Bukan hanya sehat, sayuran rebus serta yang dipotong kecil ini bisa membantu si kecil melatih motorik. Sebenarnya bukan hanya sayuran, Anda bisa memberikan variasi lain seperti buah melon, pisang, semangka dan pir. Pastikan buah ini tidak keras dab sedikit dihaluskan.

Makanan sehat bayi yang berumur 9 bulan ini seperti kembang kol, tahu yang dipotong kecil, daging ayam yang dicincang serta dimasak sampai lunak, keju yang dipotong kecil serta kuning telur rebus yang matang. Selain makanan yang sehat untuk ia konsumsi, ada pula makanan yang harus di hindari. Beberapa makanan yang disarankan untuk dihindari ini seperti telur setengah matang atau telur mentah, makanan yang tinggi kandungan serat, makanan yang rendah kalori dan rendah lemak hingga kacang utuh.

Selain itu Anda juga tidak disarankan untuk memberi ikan yang beresiko memiliki kandungan merkuri tinggi seperti ikan pedang, ikan hiu, ikan todak. Mengapa ikan tertentu tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi? karena ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi akan mengganggu perkembangan sistem saraf anak. Jangan memberikan anak madu secara berlebihan. Walaupun madu sangat bagus bagi orang dewasa, namun bakteri yang berada dalam madu akan merusak usus bayi. makanan lain yang harus dihindari adalah kacang mentah karena memiliki resiko membuat bayi menjadi keracunan makanan.

Di usia 9 bulan, bayi ingin mengkonsumsi berbagai macam makanan, kita sebagai orang tua hanya bisa memberikan makanan sehat yang benar-benar aman untuk bayi. gunakan masa ini dengan memberi bayi berbagai macam makanan entah sebagai camilan atau pun makanan utama, hal ini dilakukan agar kebutuhan si kecil tetap terjaga dan kemampuan si kecil menjadi semakin bertambah. Tidak perlu takut atau cemas saat si kecil gendut.

 

 Deretan Makanan Sehat untuk Bayi Berumur 9 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *