Diet Ibu Hamil dengan Yoga

Sebagian besar ibu hamil sering mengeluhkan berat badannya yang naik secara drastis yang membuat mereka semakin tidak leluasa bergerak. Ibu hamil seringkali merasa tidak percaya diri terhadap bentuk tubuhnya yang semakin membesar sehingga tidak sedikit ibu hamil yang melakukan diet demi menjaga berat badannya agar tetap ideal, tidak overweight meski sedang berada dalam masa kehamilan. Namun, tidak jarang ibu hamil melakukan diet-diet yang justru berbahaya bagi janin yang sedang dikandungnya, misalnya dengan mengurangi jatah makan secara drastis, mengkonsumsi obat-obat diet yang tidak tepat, hingga melakukan olahraga yang terlalu berat sehingga berpotensi membahayakan si janin. Salah satu diet yang sangat baik bagi ibu hamil adalah dengan melakukan yoga. Berikut ini merupakan ulasan mengenai manfaat diet ibu hamil dengan yoga.

Yoga merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyeimbangkan pikiran, tubuh, dan pernafasan agar lebih fokus. Keseimbangan tersebut dapat diperoleh melalui latihan fisik, latihan pernafasan, meditasi, dan relaksasi. Salah satu jenis yoga adalah yoga untuk kehamilan yang gerakan-gerakannya disesuaikan dengan kondisi ibu hamil sehingga sangat mudah dilakukan dan akan membantu badan ibu hamil tetap fit, lentur, dan memiliki daya tahan yang tangguh.

Baca Juga : Cara Sehat Diet Ibu Hamil

Yoga Prenatal untuk Ibu Hamil

Yoga prenatal merupakan jenis yoga yang gerakan-gerakannya dirancang khusus untuk melatih otot rahim dan panggul pada ibu hamil, agar dapat menunjang tumbuh kembang janin dan agar tubuh si ibu yang mengandung lebih siap dalam menghadapi proses persalinan. Gerakan yoga ibu hamil dirancang untuk meregangkan otot, membantu sirkulasi tubuh, dan mengurangi lemak yang tidak baik dalam tubuh sehingga berat badan ibu hamil tetap ideal. Dan yang terpenting, latihan pernafasan yang merupakan gerakan dasar dari yoga dapat membantu menenangkan ibu hamil dari stress yang berlebihan selama masa kehamilan dan dapat mengurangi rasa sakit saat persalinan. Pernafasan yang baik sangat dibutuhkan untuk memicu sistem saraf sehingga memperlancar bukaan dinding vagina ketika akan melahirkan.

Adapun gerakan-gerakan yang membantu proses diet ibu hamil adalah latihan pernafasan melalui relaksasi dan meditasi, yang bermanfaat untuk menyeimbangkan emosi sehingga ibu hamil tidak mudah stress. Gampang stress berpotensi membuat berat badan wanita hamil akan naik secara drastis karena tidak dapat mengontrol pola makan.

Waktu Paling Tepat Diet dengan Yoga pada Ibu Hamil

Yoga pada ibu hamil sebaiknya dimulai pada trimester kedua, atau memasuki usia kehamilan 14 minggu. Tidak dianjurkan melakukan yoga prenatal sebelum trimester kedua, karena janin belum terlalu kuat. Ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua, berat badan si ibu hamil mulai naik dan bentuk tubuhnya mulai berubah, sehingga inilah saat yang tepat untuk memulai diet dengan yoga agar berat badan tetap ideal dan bentuk badan tetapo terjaga dengan baik.

Itulah beberapa manfaat diet ibu hamil dengan yoga. Carilah mentor yoga yang khusus melatih ibu hamil agar manfaat yang diperoleh dari diet dengan yoga lebih maksimal.

Be Sociable, Share!
 Diet Ibu Hamil dengan Yoga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *