Diet Ibu Hamil yang Tepat dan Sehat

Saat hamil berat badan ibu akan bertambah. Selain karena berbadan dua, berat badan disebabkan karena asupan makanan yang meningkat. Itu sebabnya mengapa wanita hamil akan bertambah nafsu makannya. Namun kelebihan berat badan saat hamil yang terlalu berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin. Untuk mengatasi masalah kegemukan solusinya bisa dengan melakukan diet ibu hamil.

Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Ibu hamil idealnya mengalami penambahan berat badan antara 12 – 15 kg. Ibu hamil disarankan tetap menjaga berat badannya dan melakukan pola hidup sehat, seperti: olahraga ringan, makan makanan yang bergizi dan seimbang. Menjaga asupan makanan sangat penting pada masa kehamilan, tidak hanya untuk ibu saja tapi nutrisi diperlukan oleh janin di dalam perut.

Disamping itu ibu hamil harus menjaga berat badan jangan sampai badan terlalu kurus atau gemuk. Jika berat badan terlalu gemuk bisa berbahaya karena beresiko diabetes dan mengakibatkan fungsi plasenta terhambat.

Saat tremister pertama biasanya berat badan tidak mengalami penambahan yang signifikan. Karena pertumbuhan janin belum cepat ditambah pada tremister pertama, ibu hamil umumnya mengalami gangguan mual-mual dan muntah. Memasuki tremister kedua barulah mulai terlihat perkembangan janin sehingga berat badan ibu semakin bertambah.

Baca Juga: Kenali Makanan yang Baik dan Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Berat Badan Berlebih Saat Hamil

Untuk mengatasi atau mencegah berat badan yang berlebih bisa konsultasikan dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan tindakan tertentu agar berat badan menurun. Berikut adalah penjelasan mengenai cara diet ibu hamil.

  • Diet yang tepat untuk ibu hamil adalah menjaga pola makan tetap seimbang dan sehat.
  • Asupan nutrisi harus cukup, tidak kurang ataupun kelebihan.
  • Selain itu memilih bahan makanan yang banyak mengandung serat dan menghindari makanan yang terlalu manis dan lemak. Makanan berserat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga penumpukan lemak di dalam tubuh berkurang.
  • Menghindari makanan cepat saji / junk food, gorengan. Selain bisa menyebabkan kegemukan makanan cepat saji tidak disarankan untuk ibu hamil.
  • Membiasakan mengolah makanan sendiri dengan cara dikukus atau dipanggang karena lemak yang masuk ke dalam tubuh jumlahnya sedikit dibandingkan dengan memasak cara digoreng lebih banyak lemaknya.
  • Selalu minum air putih, min 8 gelas sehari. Air putih sangat baik untuk program diet. Selain mengontrol rasa ingin terus makan, air putih juga bisa mencegah tubuh mengalami dehidrasi.
  • Ganti cemilan dengan buah-buahan

Dari penjelasan cara diet ibu hamil tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa diet yang tepat untuk ibu hamil adalah bagaimana ibu hamil bisa mengatur pola makan bukan mengurangi porsi makan. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan yoga.

Be Sociable, Share!
 Diet Ibu Hamil yang Tepat dan Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *