Dot Bayi yang Aman dan Berkualitas untuk Menunjang Asupan Susu Bagi Si Kecil

Ada kalanya ketika usia buah hati sudah menginjak usia 1 tahun ke atas, maka banyak diantara orang tua yang sudah tak lagi memberikan mereka asi secara eksklusif, melainkan dengan menggantinya menggunakan produk susu formula atau tetap dengan asi, namun jenis perah. Karena faktanya tak semua orang tua bisa selalu ada dan menjaga buah hati. Ada kalanya diantara mereka yang bekerja, sehingga untuk pemberian asi dilakukan dengan sistem asi perah. Mau tak mau tentunya harus memiliki sarana penunjang yaitu dot bayi.

Alat yang satu ini memiliki bentuk seperti halnya botol yang dilengkapi dengan penyedot berbentuk putting dan lembut sehingga membantu untuk membuat mereka terasa lebih nyaman dan juga betah untuk mengkonsumsinya. Banyak dijual di pasaran dengan berbagai pilihan jenis, namun juga harus diketahui bahwa tak semua jenis dot bayi yang dijual di pasaran juga masuk kategori yang aman bagi si kecil, sehingga para orang tua harus lebih selektif dalam memilihkannya, berikut ini tips mudah dalam memilihkan dot untuk si kecil, diantaranya adalah:

Baca juga: Tips Memilih Dot Bayi yang Baru Lahir dengan Aman

  1. Memilih bahan yang aman, bahan yang paling umum dipakai untuk pembuatan bot atau dot ini adalah plastik, silicon dan juga kaca, namun jenis yang paling aman digunakan dan tak mudah rusak adalah plastik. Hanya saja tak semua jenis plastik juga aman, lihat kode yang ada di bawahnya. Karena ada jenis plastik baru dan daur ulang, hanya gunakan yang aman tak mengkontaminasi isi susu.
  2. Pilihlah ukuran yang sesuai, ketika si kecil masih berusia di bawah 1 tahun, maka gunakan yang ukurannya kecil, sehingga nantinya bisa digenggam dan dipakai sendiri untuk minum. Jika usia mereka sudah semakin besar maka ukuran yang kecil tak lagi mampu untuk memenuhi kebutuhan susu, maka pilihlah yang lebih besar.
  3. Pilihlah bentuk dot yang ortodentik, artinya bentuk yang bisa menyesuaikan dengan langit-langit dan juga gusi si kecil, sehingga nantinya tak menyebabkan rasa sakit ketika digunakan. Juga tak menganggu pertumbuhan gigi mereka, karena ada jenis dot yang bisa menghambar pertumbuhan gigi susu.
  4. Ukuran dari aliran dot juga harus sesuai, ada dot yang memiliki lubang sangat kecil, sehingga alirannya juga terbatas, sebaliknya ada juga yang ukurannya cukup besar, sehingga susu bisa mengalir dengan cepat. Hal ini juga patut menjadi pertimbangan Anda.

Mudah memilih dot bayi yang aman dan juga berkualitas. Memang tak bisa dipungkiri bahwa dot ini adalah teman terbaik untuk menunjang kebutuhan gizi bagi si kecil, namun pastikan juga untuk membatasi jumlah penggunaannya, karena jika berlebihan juga tak baik untuk pertumbuhan gigi mereka.

Be Sociable, Share!
 Dot Bayi yang Aman dan Berkualitas untuk Menunjang Asupan Susu Bagi Si Kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *