Dukung Pendidikan Anak di Rumah dengan Ciptakan Lingkungan Nyaman Belajar

Memiliki anak tentu menjadi anugerah yang amat indah bagi setiap pasangan. Jika memiliki anak, maka Anda sudah pasti selalu ingin memberikan segala sesuatu yang terbaik baginya. Tak hanya dalam masalah asupan makan saja, namun juga dari sisi pendidikannya dimana anak harus mendapatkan pengajaran yang bagus. Sebelum masuk ke pendidikan formal di sekolah, anak harus mendapatkan pendidikan di dalam rumah dulu karena pendidikan anak segalanya diawali dari rumah dan dari orang tua.

Untuk bisa mengembangkan otak dan kreativitas dari si kecil, maka rumah pun harus ditata sedemikian rupa sehingga memberikan lingkungan yang aman dan nyaman untuk dirinya. Namun terkadang orang tua hanya fokus kepada keamanan si kecil saja tanpa mempertimbangkan dari sisi kenyamanannya dalam mendapatkan ilmu. Lalu bagaimana cara membuat lingkungan yang menyenangkan untuk belajarnya? Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Perabot pas untuk si kecil

Anda bisa menyingkirkan sementara lemari hingga rak yang tinggi. Gantilah dengan perabot yang sesuai dengan tinggi badannya sehingga Anda tidak usah cemas anak akan memanjat demi mendapat apa yang diinginkannya. Dengan cara ini, anak akan belajar mandiri dengan berusaha mengambil apapun yang dibutuhkannya sendiri.

  • Belajar mengatur sejak dini

Mengatur disini dalam artian adalah menata barang yang disesuaikan. Misalnya saja dari segi mainan. Anda harus menyiapkan beberapa rak sehingga mainan bisa ditata sesuai kategorinya. Pendidikan anak yang satu ini akan amat penting karena dengan begitu anak bisa menata segala sesuatu pada tempatnya.

Baca Juga:Pahami Penting Tidaknya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Buah Hati Anda

  • Area bermain bebas

Anda pun perlu memberikan fasilitas kepada si kecil agar dirinya bisa menuangkan segala bentuk ekspresi yang dilakukannya. Jangan batasi hal ini, namun memang butuh area khusus. Berikan beberapa pilihan mulai dari area untuk menggambar, melukis, musik, dapur mainan dan lain sebagainya. Dari sini anak akan belajar mengeksplorasi diri dengan segala hal hingga Ia tahu apa yang jadi kesukaannya.

  • Perpustakaan anak

Seperti yang banyak diucapkan dimana buku adalah jendela dunia. Hal ini tak dapat dipungkiri karena memang buku adalah sumber pengetahuan. Agar anak suka membaca, maka ada baiknya Anda menyiapkan rak khusus untuk koleksi bukunya. Modifikasi beberapa tempat juga bisa dilakukan jika memang Anda tidak punya ruang khusus misalnya bawah tangga, bawah tempat tidur atau tempat lainnya.

Pada dasarnya untuk bisa menciptakan lingkungan yang mendukung pendidikan anak di rumah ini sangat luas. Oleh karena itu orang tua juga harus bisa kreatif agar anak tidak bosan dan mampu bermain sambil belajar. Jangan batasi apa yang dilakukan si kecil dan Anda hanya perlu menjaganya saja sehingga anak tetap terlindungi.

 

Be Sociable, Share!
 Dukung Pendidikan Anak di Rumah dengan Ciptakan Lingkungan Nyaman Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *