Dunia Bayi Dan Manfaat Ayunan

Dunia bayi selalu unik dan menarik, contohnya hampir semua bayi menyukai ayunan dan dibuai perlahan, baik menggunakan tangan ataupun menggunakan alat bantu seperti kain. Mengayun-ayun bayi dianggap sebagai salah satu cara efektif bentuk simulasi saat mengasuh bayi.

Biasanya tindakan mengayun bayi dilakukan pada waktu bayi sedang / akan istirahat. Tahukah Anda bahwa ternyata memberikan ayunan perlahan pada bayi memiliki manfaat bagi tumbuh kembangnya. Apa saja manfaatnya tersebut? yuk, langsung saja baca penjelasan dunia bayi seputar ayunan berikut ini:

Jenis-Jenis Dan Manfaat Ayunan Untuk Bayi

Berikut ini akan kita informasikan apa saja manfaat ayunan perlahan untuk bayi. Namun sebelumnya pahami terlebih dulu jenis-jenis ayunan untuk bayi. Berikut penjelasannya.

Yang Pertama adalah ayunan manual, yaitu mengayun-ayunkan bayi dengan cara digendong menggunakan tangan langsung. Sedangkan yang Kedua adalah jenis ayunan yang menggunakan alat bantu, contohnya menggunakan kain untuk gendongan. Kain gendongan bisa juga dipasang dengan cara digantungkan, lalu bayi dimasukkan ke dalam gendongan kain. Sekarang sudah banyak peralatan ayunan dengan ragam bentuk dan model. Contohnya: tempat tidur ayunan, tempat duduk ayunan dsb. Relaksasi, pada waktu bayi akan tidur siang atau malam, ayunan yang perlahan dengan irama yang konstan bisa memberikan efek yang menenangkan atau rileksasi. Dengan demikian kualitas tidur bayi lebih baik.

Baca Juga:Mainan Terbaik Agar Bayi Cerdas

Nah, berikut ini manfaat ayunan untuk bayi yang harus Anda ketahui:

  • Ikatan, jika Anda menggendong bayi lalu mengayunkannya bisa terjalin ikatan atau bonding antara Anda dengan bayi. Menurut penelitian diungkapkan bahwa sentuhan permukaan kulit bisa memicu rangsangan stimulasi yang dipengaruhi oleh ikatan syaraf di permukaan kulit. Begitupun dengan tatapan langsung bayi dengan Anda bisa membuat ikatan emosional semakin kuat.
  • Mengusir Gerah, bayi biasanya selalu rewel atau menangis jika temperature atau udaranya tinggi. Akibatnya bayi lebih mudah keluar keringat dan merasa kepanasan. Saat sedang berada dikondisi tersebut, dengan mengayunkan bayi perlahan-lahan menggunakan alat bantu seperti kain atau tempat tidur ayun bisa membantu mengusir gerah.

Itulah beberapa manfaat dan kegunaan mengayun-ayun bayi perlahan. Selain itu manfaatnya bisa membantu proses tumbuh kembang bayi. Namun, pada saat bayi memasuki usia satu tahun sebaiknya hentikan mengayun-ayun bayi dan menggantinya dengan usapan yang lembut. Karena selain tubuh bayi yang sudah mulai tumbuh, terlalu sering mengayun-ayunkan saat menjelang tidur bisa menjadi kebiasaan.

Usapan lembut bisa memberikan manfaat memberikan rasa nyaman dan rileksasi. Selain itu Anda sudah tidak perlu lagi menggendong dan mengayun ambing bayi, cukup tidurkan bayi di kasur lalu usap lembut bagian yang ia suka, misalnya di rambut, punggung atau kaki.

Demikian informasi mengenai seputar dunia bayi khususnya manfaat ayunan untuk perkembangan bayi. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Be Sociable, Share!
 Dunia Bayi Dan Manfaat Ayunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *