Edukasi Si Kecil dengan Mainan Bayi yang Tepat untuk Usia 6 Sampai 12 Bulan

Bayi yang mampu bergerak dengan lincah dan aktif tentu akan menjadikan orang tua lebih bahagia karena bayi yang aktif menandakan bayi tersebut sehat. Di umur-umur tersebut, memang bayi sedang dalam masa banyak sekali ingin tahu dan suka dengan segala bentuk permainan. Untuk memilih mainan bagi si kecil, ada baiknya yang tidak hanya memberikan hiburan semata bagi dirinya, melainkan juga bisa memberikan edukasi. Mainan bayi edukasi kini sudah banyak tersedia di pasaran dan biasanya terbagi dalam setiap umur bayi.

Bagi Anda yang memiliki bayi dengan usia yang telah menginjak ke 6 bulan sampai satu tahun, maka bayi pasti sudah semakin aktif. Bayi pun suka mengeksplorasi segala sesuatu yang baru. Berikut ini beberapa mainan untuk si kecil yang cocok bagi usianya:

  • Papan aktivitas

Pertama ada mainan berupa papan aktivitas. Mainan ini berbentuk papan lalu di bagian atasnya ada mainan yang bisa berupa memutar, menutup menjatuhkan dan masih banyak lagi. Untuk papan aktivitas ini, maka anak akan mampu belajar koordinasi tangan dan juga sensor pada bayi. Pastikan agar papannya aman dari segala benda tajam seperti paku dan lainnya.

  • Perlengkapan rumah tangga

Jika Anda bingung memberikan mainan bayi apalagi untuk si kecil, Anda pun bisa menggunakan perlengkapan rumah tangga sebagai mainannya. Perlengkapan sekitaran rumah tangga mulai dari sendok kayu, cangkir plastik hingga mangkok berwarna-warni juga bisa dijadikan mainannya. Anda bisa meletakkannya pada tempat yang mudah untuk dijangkau si kecil dan biarkan Ia berlatih bergerak untuk menjangkau.

  • Buku

Memberikan buku untuk bayi juga bukan hal yang salah karena hal ini akan mampu melatihnya untuk mengenal buku sedari dini. Namun tentunya buku ini bukan hanya dimainkan oleh si kecil sendiri, melainkan juga butuh peran serta dari orang tua. Anda bisa membacakannya cerita sehingga bayi bisa mengerti keterampilan mendengarkan dan menambah kosa kata. Bahan buku seperti kain atau bahan kuat lainnya sebaiknya dipilih sehingga bisa lebih awet.

  • Balok

Bayi juga harus diajarkan untuk bisa menyusun dan menjatuhkan balok. Anda bisa mengajaknya untuk dapat menempatkan balok pada wadah lalu menumpahkannya lagi. Meski memang seolah mengajarkan berantakan, namun cara ini juga efektif menjadikan si kecil belajar agar tangannya bisa aktif.

Mainan untuk anak 6 sampai 12 bulan sebetulnya sangat beragam karena memang anak sudah banyak mengalami tumbuh kembang baik dari segi otak dan juga tubuhnya. Mainan bayi yang mengedukasi akan sangat bermanfaat sehingga sesuai dengan usianya dan sesuai dengan perkembangan yang ada di dirinya. Untuk itu, pilah-pilih kembali mainan untuk si kecil.

 

 Edukasi Si Kecil dengan Mainan Bayi yang Tepat untuk Usia 6 Sampai 12 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *