Efek Buruk Mandi Malam Ternyata Hanya Mitos Bayi

Banyak orang tua yang beranggapan jika mandi malam bisa membuat bayi menjadi sakit atau pun masuk angin. Sebenarnya anggapan semacam ini jangan menjadikan para orang tua memilih untuk tidak memberi bayi rutinitas sebelum mereka tidur, padahal mandi malam tidak memiliki hubungan dengan masuk angin atau sakit namun mitos bayi ini begitu berkembang luas di tengah masyarakat. Menurut sebuah situs yang didukung banyak dokter Eropa, mandi malam yang menggunakan air hangat akan membuat bayi merasa lebih nyaman serta tenang sehingga mereka akan tidur lebih nyenyak. Berdasarkan pada fakta tersebut, jangan pernah ragu memandikan bayi saat malam hari.

Pastikan suhu air cukup hangat, kurang lebih 38 derajat Celcius. Sebelum menempatkan bayi dalam bak air, Anda harus memeriksa suhu air terlebih dulu dengan mencelupkan tangan agar bisa memastikan jika suhu air aman bagi bayi. pastikan pula ruangan untuk mandi cukup hangat, sehingga bayi tidak akan merasa kedinginan setelah mandi. Kecukupan tidur yang berkualitas begitu diperlukan bayi untuk mendukung perkembangan serta kebaikan kesehatannya. Beberapa manfaat dari tidur berkualitas bagi bayi seperti memaksimalkan hormon pertumbuhan yang diproduksi ketika tidur nyenyak, melindungi bayi dari rusaknya pembuluh darah hingga menghindari mengalami obesitas.

Baca Juga: Ketahui Segala Mitos Bayi yang Tidak Akan Membuat Anda Resah Lagi

Jadi, mandi malam membuat bayi menjadi sakit merupakan mitos bayi bukan? Tidur malam berkualitas harus diutamakan, tetapi masalahnya ada sebagian bayi yang sulit tidur. Bila mengalami hal ini, Anda bisa menenangkannya untuk memperoleh tidur nyenyak yang benar-benar berkualitas. Bayi memerlukan konsistensi aktivitas di kesehariannya. Oleh sebab itu rangkaian kegiatan yang konsisten dianjurkan agar membiasakan dirinya. Rutinitas semacam ini bisa mengatur pola pikir serta membentuk pola tidur bayi yang ideal. Bayi bisa menjadi tenang dan nyaman saat mengetahui apa yang terjadi selanjutnya, sehingga terbiasa dengan pola tidur teratur.

Saat bayi sudah menginjak usia 3 bulan, Anda bisa mengenalkannya dengan rutinitas mandi menjelang tidur. Mandi malam memiliki tujuan membuat bayi menjadi tenang, dan menghilangkan lelah setelah seharian ia aktif pada siang hari. Anda bisa memandikan bayi pukul 18.30 hingga 20.30. jadwal mandi malam teratur ini mengenalkan bayi pada aktivitas terjadwal sebelum tidur. Satu hal yang harus diingat, tidak perlu memandikan bayi setiap hari.

Anda bisa mengumpulkan air hangat dalam bak mandinya. Kumpulkan seluruh peralatan mandi yang akan dipergunakan seperti handuk, sampo, sabun. Pergunakan produk mandi yang memiliki bahan alami. Dokter anak menyarankan memilih produk mandi bayi yang memiliki kandungan minyak zaitun dibandingkan produk yang didominasi oleh bahan kimia, Anda juga harus mengecek keasaman Ph produk tersebut. Pilih produk dengan pH sedikit lebih asam pH 5. Jadi sekarang, Anda tidak perlu takut dengan mitos bayi tersebut.

 

Be Sociable, Share!
 Efek Buruk Mandi Malam Ternyata Hanya Mitos Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *