ENAM KIAT MUDAH DAN PRAKTIS PERAWATAN BAYI SEHAT

Menjadi orang tua baru memang tidak mudah. Apalagi bila tidak memiliki pengalaman perawatan bayi sehat. Alhasil, bukan hanya kita jadi repot sendiri, bayi pun jadi rewel karena ikut “merasakan” situasi tidak nyaman tersebut.

Agar terhindar dari situasi yang tidak mengenakkan ini, mari bekali diri dengan enam kiat praktis dan mudah perawatan bayi sehat berikut ini.

  • Tubuh bayi kadang masih menggigil meski dimandikan dengan air hangat

Sebelum memandikan bayi sehat Anda, periksalah pintu dan jendela. Pastikan sudah tertutup semua, karena sedikit saja ada angin yang masuk ke ruangan, tubuh bayi yang basah bisa menggigil.

Pastikan ruangan cukup hangat dan suhu air mandi sekitar 38º C. Anda bisa memeriksanya dengan mencelupkan siku ke dalam air. Segera selimuti dengan handuk begitu bayi sehat Anda diangkat dari air agar tubuhnya hangat.

  • Ada cairan putih pada tali pusat yang masih basah

Lagi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini karena tidak dibutuhkan penanganan khusus. Pastikan saja tali pusat bayi sehat Anda tidak berbau. Bungkus tali pusat dengan kain kassa yang telah dibasahi alkohol 70% setelah bayi dimandikan. Jangan taburi apa pun, baik antibiotika atau bedak, pada tali pusat. Konsultasikan ke dokter bila kulit sekitar tali pusat menjadi merah, bengkak atau tampak berdarah.

  • Mata bayi tampak lengket

Anda tidak perlu khawatir. Ini biasa terjadi pada bayi yang baru lahir. Anda bisa membersihkan matanya dengan kapas yang dibasahi air matang dari arah hidung ke telinga. Gunakan satu kapas untuk sekali pembersihan. Segera konsultasikan ke dokter jika terlihat ada cairan kuning dan sangat lengket.

  • Mulai suka mencakar dirinya

Pakaikanlah kaus tangan pada bayi sehat Anda jika Anda belum sempat memotong kukunya. Bila Anda belum memiliki kaus tangan untuknya, Anda bisa menggunakan kaus kakinya sebagai kaus tangan. Kaus kaki biasanya tidak mudah terlepas dari tangannya. Alihkan perhatian bayi dengan mainan yang berbunyi di kaus tangannya, sehingga ia asyik bermain.

  • Takut memotong kuku bayi

Gunakan gunting kuku khusus untuk  bayi yang aman bagi jemari bayi. Waktu terbaik untuk memotong kuku bayi adalah setelah mandi karena kuku akan lebih lunak sehingga mudah dipotong. Agar lebih mudah, Anda bisa Minta bantuan seseorang untuk mengajaknya bicara, sementara Anda memotong kukunya, atau tunggu sampai bayi tertidur. Dalam kondisi tidur, ia tidak banyak bergerak, sehingga kita lebih mudah meluruskan jari mungilnya (yang biasanya digenggamnya).

  • Bayi sering cegukan (sampai 5-10 menit) sehingga kelelahan

Cegukan terjadi karena kontraksi mendadak otot diafragma. Susuilah ia untuk mengurangi frekuensi cegukan. Saat menyusuinya, pastikan kepala bayi tegak. Setelah selesai, jangan lupa tepuk-tepuk punggungnya hingga dia sendawa.

 ENAM KIAT MUDAH DAN PRAKTIS PERAWATAN BAYI SEHAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *