Frekuensi Pemberian Mpasi Sehat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas

Pada anak bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan, maka selain ASI diperlukan juga makanan lain yang mulai diperkenalkan dengan tekstur yang lembut. Makanan pendamping asi atau mpasi diharapkan dapat menjadi makanan awal yang nantinya secara bertahap akan memperkenalkan sistem pencernaan anak kepada makanan-makanan lainnya hingga ia lebih dewasa. Karenanya pemberian mpasi tidak boleh sembarangan. Mpasi sehat harus sesuai dengan frekuensi dan cara yang benar agar perut bayi tidak kaget namun nutrisi yang dibutuhkan juga terpenuhi.

Berikut ini adalah frekuensi pemberian mpasi sesuai dengan usia anak di atas 6 bulan:

  1. Usia 6 bulan keatas, berikan mpasi sebanyak 3 kali sehari dengan penambahan snack atau buah matang sebanyak 1 hingga 2 kali sehari sebagai selingannya.
  2. Usia 9 bulan keatas, berikan makanan besar mpasi sebanyak 3 – 4 kali sehari dengan snack 1 – 2 kali sehari.
  3. Usia 12 bulan hingga 2 tahun, berikan mpasi sebanyak 3 – 4 kali sehari dengan snack 1- 2 kali sehari.

Porsi makanan besar dapat ditambah di tiap periode tergantung dari berat badan anak.

Mpasi sehat memiliki tekstur sangat lembut terutama untuk bayi berusia di bawah 9 bulan. Mpasi bisa berupa bubur saring, makanan tumbuk, makanan cair namun tidak encer. Sedangkan untuk bayi berusia 9 bulan hingga satu tahun dapat diberikan nasi tim, makanan tanpa saring bubur kacang hijau lembek dan sebagainya yang melatih gigitan bayi. Pemberian mpasi dengan tekstur yang semakin lama semakin sedikit kasar dimaksudkan juga untuk melatih pencernaan bayi agar mulai dapat mencerna dengan lebih baik. Namun jangan juga dipaksakan apalagi jika bayi Anda menunjukkan fase muntah.

Sebagai menu mpasi, dapat digunakan bahan makanan tunggal sebagai sebuah awalan, misalnya bubur atau buah. setelah bayi mengenal dan terbiasa, dapat diberikan makanan dari campuran bahan-bahan yang sudah dikenal oleh bayi seperti pada campuran nasi tim atau bubur berasa tertentu. Buah juga dapat diberikan secara bervariasi namun sebaiknya tetap dilumatkan atau dihaluskan terlebih dahulu. Hindari memberikan buah yang terlalu asam atau terlalu manis dalam jumlah yang banyak.

Namun meski mpasi sudah berjalan dengan baik, bayi usia dibawah 2 tahun sedapat mungkin harus tetap mendapatkan ASI agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Tetapi bila ibu memiliki keterbatasan dalam hal air susu, maka mpasi sehat ditambah dengan susu formula dapat diberikan kepada bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya sehari-hari. Jika bayi sudah berumur lebih dari 1 tahun, waktu makan dapat disesuaikan dengan waktu makan keluarga agar bayi lebih bersemangat. Namun hindari melakukan makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur bayi agar pencernaannya tetap sehat.

 

 

 

 Frekuensi Pemberian Mpasi Sehat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *