Gaya Hidup Sehat Untuk Mendapatkan Bayi Cerdas

Anda sudah tahu bahwa gaya hidup sehat saat Anda sedang mengandung dapat membantu bayi Anda tumbuh besar dan kuat, tapi apakah Anda tahu bahwa itu bisa membuat bayi lebih pintar juga? Bahkan, pilihan mudah yang Anda buat setiap hari, seperti makan salad sayuran hijau untuk makan siang dan berolah raga di atas treadmill, dapat membantu perkembangan otak bayi. “Seperti halnya yang Anda lakukan setelah melahirkan, yang Anda lakukan saat sedang hamil pun dapat berdampak besar pada perkembangan otak dan kecerdasan anak Anda,” tutur Diane Ashton, M.D., M.P.H., wakil direktur medis March of Dimes. Dengan mempelajari beberapa kebiasaan sehat dapat membuat bayi cerdas sejak dalam kandungan.

Menurunkan Risiko Autisme

Mengonsumsi suplemen prenatal yang mengandung asam folat itu sangat penting. Asam folat telah lama diketahui berperan penting dalam pembentukan sel-sel otak yang sehat. Anda bisa mendapatkan lebih banyak asam folat dalam sereal, kacang-kacangan, dan sayuran hijau seperti bayam. Asam lemak omega-3, terutama DHA, juga memiliki dampak yang besar pada produksi neuron. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dalam salmon dan ikan berlemak lainnya, kenari, biji rami tanah, dan telur yang diperkaya dengan omega-3. Zat besi membantu meningkatkan pertumbuhan sel-sel darah merah yang sehat, yang akan membawa oksigen ke otak bayi Anda. Daging merah merupakan sumber terbaik zat besi, tapi juga dapat ditemukan dalam makanan nabati seperti kacang-kacangan, bayam, tahu, dan sereal yang diperkaya zat besi.

Baca Juga : Makanan Terbaik Untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

Meningkatkan Kecerdasan

Berolahraga akan memberikan stamina yang Anda butuhkan dalam persalinan, dan juga dapat membuat bayi cerdas. Mengapa? Rendahnya tingkat kortisol – hormon stres yang juga disekresikan ketika Anda berolahraga – membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi Anda, dan organ-organ utama lainnya. Para ahli merekomendasikan olah raga ringan untuk wanita hamil selama 30 menit secara rutin.

Ikatan Batin yang Lebih Baik

Anda mungkin merasa konyol berbicara dengan bayi Anda sekarang, tetapi ini dapat membentuk hubungan batin yang erat sejak dini. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar setengah jalan masa kehamilan Anda, bayi sudah dapat mendengar dan menanggapi suara. Anda dapat berbicara, menyanyi, atau membaca untuknya.

Kekuatan Otak Maksimum

Semakin lama otak bayi berkembang dalam rahim, maka akan semakin baik. Pada usia kehamilan 35 minggu, volume otak hanya dua pertiga dari 39 atau 40 minggu. Meskipun beberapa faktor dapat membuat Anda lebih rentan melahirkan prematur, Anda dapat mencegahnya dengan tidak merokok atau minum alkohol. Tangani dengan baik stres dan penyakit-penyakit berat. Dan setiap kali Anda berharap agar segera selesai masa kehamilan Anda, ingatlah bahwa untuk mendapatkan bayi cerdas dan sehat memerlukan kesabaran ekstra.

Be Sociable, Share!
 Gaya Hidup Sehat Untuk Mendapatkan Bayi Cerdas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *