Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Ganti Popok Bayi

Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Ganti Popok Bayi

Penggunaan popok bayi per harinya ternyata cukup banyak, contohnya bayi dalam sehari mempergunakan setidaknya 10 popok sekali pakai. Baik ibu yang memilih popok diapers maupun popok kain dijamin akrab dengan kegiatan ganti popok. Penggantian popok ini bisa dilakukan lumayan sering ketika bayi belum genap berusia sebulan, sebab intensitas pipis bayi akan menurun seiring bertambahnya usia mereka. Mengingat penggantian popok akan lumayan sering maka selama masa kehamilan pastikan sudah belajar mengenai tata cara ganti popok tersebut.

Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Ganti Popok Bayi

Hindari Kesalahan Ini Saat Mengganti Popok

Bagi orangtua perdana yang masih amatir dalam hal parenting baiknya belajar dulu perihal cara mengganti popok buah hati. Mulailah dengan mengenal kesalahan berikut dan usahakan untuk dihindari:

  • Tidak menyiapkan popok bersih,

Kesalahan pertama yang sering dilakukan orangtua sewaktu mengganti popok buah hatinya adalah kurangnya persiapan. Salah satunya menyiapkan popok ganti yang bersih atau masih terbungkus khusus penggunaan diapers. Tangan Anda tentu tidak terlalu panjang sehingga akan kerepotan jika harus menjangkau popok yang terlalu jauh atau tersimpan di dalam laci. Idealnya popok ganti diletakan di dekat bayi dulu baru melakukan penggantian.

  • Mengatur posisi tali pusat bayi,

Khusus untuk bayi yang tali pusatnya belum putus tentu sedikit merepotkan orangtuanya dalam mengganti popok. Namun yang pasti penempatan tali pusat ini baiknya diluar popok sehingga tidak masuk ke dalam popok bayi yang di pakaikan ke si kecil. Sebab beresiko menyakiti buah hati Anda sendiri dan bahkan menimbulkan iritasi jika tali pusat ikut basah oleh pipis bayi. sebaiknya diletakan di luar, tidak masalah jika menyentuh popok asalkan tidak di dalam.

  • Membersihkan sisa pipis dan pop,

Kesalahan yang juga sering dilakukan oleh para orangtua saat proses ganti popok adalah membersihkan bokong bayi dari arah belakang ke depan. Padahal lebih berpotensi menyebabkan iritasi kuman yang berasal dari kotoran bayi itu sendiri melalui anus ataupun organ genital. Baiknya saat mencebok bokong si kecil Anda mulai dari arah depan kemudian perlahan ke belakang, sehingga mencegah adanya kuman yang masuk ke area genital. Bahkan orang dewasa pun memiliki langkah cebok seperti ini.

  • Memasang popok terlalu kencang,

Kesalahan lain yang juga sering dijumpai dilakukan pra orangtua perdana adalah mengganti popok si kecil dan memasangnya terlalu kencang atau ketat. Tak hanya pada diapers penggunaan popok kain pun usahakan tidak diikat terlalu kencang karena bisa menyakiti perut si kecil. Kemudian bisa meninggalkan bekas guratan yang tentunya bisa menjadi iritasi di kulit sekitarnya. Maka pasang perekat atau tali popok secukupnya saja, biarkan agak longgar sedikit sehingga si kecil nyaman dengan popok bayi yang dipakainya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan