Hindarkan Anak dari Gizi Buruk dengan Asupan Berikut Ini!

Anak merupakan anugerah dan hadiah yang tak akan bisa dihargai dengan uang berapapun juga. Tak heran jika tiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik baginya. Namun melihat berita yang ada belakangan ini, maka miris sekali bahwa masih banyak anak yang menderita gizi buruk di berbagai daerah. Alasannya juga sangat beragam. Sebagai orang tua, tentunya jangan sampai anak di rumah mengalami hal yang sama sehingga peran Anda untuk memberikan nutrisi terbaik baginya sangat penting.

 Hindarkan Anak dari Gizi Buruk dengan Asupan Berikut Ini!

Jika Anda ingin anak bisa mendapatkan nutrisi yang terpenuhi, maka ada baiknya selalu memberikan menu makanan yang sehat untuknya. Menu makan sehat ini bukan hanya sekedar jumlahnya yang banyak saja, melainkan juga harus bisa seimbang dan juga memenuhi nutrisi kebutuhan hariannya. Dengan demikian, maka anak akan bisa terhindar dari kondisi gizi buruk. Berikut ini beberapa daftar nutrient yang wajib ada di menu anak:

  • Protein

Yang pertama ada protein dimana protein ini adalah bahan utama untuk menyusun sel di tubuh manusia. Dengan demikian maka protein ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil. Makanan yang mengandung protein juga sangat mudah ditemukan mulai dari susu, telur, kacang sampai biji-bijian.

  • Serat

Untuk mendukung sistem pencernaan yang ada di anak, maka asupan serat di anak pun wajib ada. Dengan menyantap makanan dengan kandungan serat, maka pencernaan anak akan bisa lancar. Serat pun bisa didapat dari banyak jenis buah dan sayur. Meski tak akan mudah membuat anak suka sayur dan buah, namun Anda sebagai orang tua juga harus kreatif mengkreasikan makanan sehingga dirinya bisa suka.

Baca Juga:Mencegah Terjadinya Gizi Buruk Pada Anak Balita

  • Kalsium

Kalsium difungsikan untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak. Keju dan yoghurt serta susu menjadi sumber kalsium yang mudah didapatkan. Namun Anda juga bisa menemukannya dari sayuran dimana jadi sumber kalsium untuk tubuh.

  • Zat besi

Zat besi ini bisa membawa oksigen di dalam darah serta mampu menjaga agar semangat anak bisa tetap maksimal Untuk bisa mencukupinya, maka makanan berupa ikan dan daging juga harus Anda sediakan. Sayuran juga banyak yang memiliki kandungan zat besi ini.

  • Asam folat

Nutrisi lainnya yang juga tak kalah penting yakni asam folat dimana memberikan peran untuk kebaikan sel otak anak ketika masa tumbuh kembangnya. Kondisi anak dengan kekurangan asam folat pun mampu memberi resiko anemia. Itulah mengapa menyediakan makanan anak dengan kandungan ini adalah penting adanya.

Itulah sebagian nutrien yang dibutuhkan anak dalam masa tumbuh kembangnya. Tentu masih banyak lagi nutrien lainnya. Untuk hindarkan anak dari gizi buruk, tentu butuh peran serta orang tua sehingga bisa memberikan asupan makanan yang sehat setiap harinya.

Be Sociable, Share!
 Hindarkan Anak dari Gizi Buruk dengan Asupan Berikut Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *