Ibu Hamil Wajib Tahu Mengenai Penyebab Bayi Cacat Sejak di Kandungan

Menjadi seorang wanita yang sedang mengandung tentu memiliki kegembiraan tersendiri, terlebih lagi pada kehamilan yang pertama. Menjadi seorang ibu hamil sangatlah dianjurkan untuk menjaga pola makan serta asupan gizi yang di konsumsinya. Dengan begitu maka seorang ibu wajib menjaga kesehatan tubuhnya serta kesehatan sang janin yang sedang di kandungnya agar tidak mengalami bayi cacat dalam kandungan.

Bayi yang cacat sejak di dalam kandungan terjadi karena beberapa faktor. Misalnya pada faktor keturunan, segala jenis penyakit yang diderita ibu hamil dan juga karena lingkungan ibu hamil. Akan tetapi hal utama yang paling mempengaruhi cacat nya bayi yang ada di dalam kandungan yaitu karena pada kondisi yang berbeda misalnya saja pada penurunan fungsi tubuh seumur hidup, kehilangan kehidupan yang mandiri serta pada penurunan produktifitas.

Berikut ini merupakan penyebab yang paling mendasar mengenai bayi cacat sejak di dalam kandungan, yaitu seperti berikut ini:

  • Faktor genetik.

Penyebab ini berasal dari keturunan yang menyebabkan bayi lahir dengan cacat, pada penyebab ini dapat berasal dari ibu maupun bapak. Hal ini terjadi ketika adanya proses pembuahan.

  • Kelainan kromosom.

Hal ini terjadi karena terhapusnya sebagian kromosom penggandaan pada salah satu atau sebagian dari kromosom.

  • Kelainan cacat gen.

Baca Juga: Penyebab Bayi Cacat yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Kelainan yang terjadi pada gen karena pengaruh dari bapak atau ibu yang merupakan faktor keturunan. Pada kelainan macam ini biasanya bayi akan mengalami gangguan pada sistem hemoglobin, kelainan syaraf, fenilketonuria, serta karena adanya ras.

  • Kurangnya gizi pada sang ibu.

Inilah alasan mengapa pentingnya sang ibu dalam hal mengkonsumsi makanan yang bergizi.

  • infeksi pada ibu hamil.

Karena kurangnya nutrisi dan gizi lah penyebab adanya infeksi.

Dalam hal menjaga kehamilan memanglah cara yang harus diperhatikan dengan baik, hal ini perlu dilakukan perihal mengkonsumsi nutrisi dan gizi untuk menjaga janin yang ada di kandungan sang ibu. Dengan begitu maka menjadi ibu hamil selalu diprioritaskan di dalam sebuah keluarga yang menantikan seorang buah hati. Kecacatan pada bayi tidak hanya berpengaruh pada kehidupan sang ibu dan anak saja, sehingga hal tersebutlah alasan utama dalam hal mencegah cacat bayi sejak awal.

Seorang wanita memang harus menjaga asupan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup hal ini penting dalam hal menjaga sistem reproduksi yang baik. Bagi Anda seorang wanita dewasa, maka dapat menjaga asupan makan yang di konsumsinya dengan baik. Terlebih lagi pada wanita dewasa yang sedang hamil demi menjaga asupan makanan yang penuh dengan gizi dan nutrisi dan makanan yang mengandung vitamin, folat serta mineral yang wajib untuk diperhatikan dengan baik untuk mencegah bayi cacat yang ada di kandungan.

 

Be Sociable, Share!
 Ibu Hamil Wajib Tahu Mengenai Penyebab Bayi Cacat Sejak di Kandungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *