Informasi Umum Tentang Bayi Kerdil yang Harus Anda Ketahui

Informasi Umum Tentang Bayi Kerdil yang Harus Anda Ketahui

Beberapa artis ternama ibukota terlahir dengan fisik yang tidak seperti orang biasa atau biasa disebut dengan orang kerdil. Kondisi kerdil sebenarnya sudah dapat dilihat semenjak bayi masih dalam kandungan. Berikut ini akan disampaikan informasi umum mengenai bayi kerdil yang harus Anda tahu:

Informasi Umum Tentang Bayi Kerdil yang Harus Anda Ketahui

Pengertian Achondroplasia

Achondroplasia merupakan salah satu gangguan pertumbuhan tulang yang ditandai dengan kondisi tubuh kerdil serta tidak proporsional. Kondisi tubuh kerdil ini biasa disebut dengan dwarfisme. Orang yang didiagnosis menderita achondroplasia akan memiliki ukuran tulang dada normal, namun ukuran lengan dan tungkai cenderung berukuran pendek. Dengan rata-rata tinggi badan yang sangat jauh berbeda dengan para orang normal. Penderita achondroplasia berjenis kelamin laki-laki memiliki rata-rata tinggi badan sebesar 131 cm. Untuk penderita achondroplasia yang berjenis kelamin wanita memiliki rata-rata tinggi badan yang cenderung lebih rendah yaitu sebesar 124 cm. Walaupun dengan kondisi fisik yang tidak normal, penderita achondroplasia tetap memiliki tingkat inteligensi yang normal seperti pada umumnya.

Penyebab Achondroplasia

Satu-satunya penyebab achondroplasia adalah terjadinya mutasi genetik. Mutasi genetik merupakan sebuah perubahan susunan DNA yang bersifat permanen dan akan menimbulkan dampak pada gen yang terbentuk. Mutasi yang terjadi pada gen FGFR3 menyebabkan seseorang mengalami kondisi achondroplasia. Gen tersebut adalah gen yang akan menghasuilkan protein, natinya protein tersebut memiliki peran penting saat proses perubahan tulang rawan ke tulang keras. Mutasi yang terjadi pada gen FGFR3 akan memberikan dampak negatif dengan tidak berfungsinya protein secara normal sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tulang rawan. Hal ini berdampak pada pertumbuhan tulang yang tidak semestinya terutama pada bagian lengan dan tungkai. Sehingga akan terjadi kondisi tubuh kerdil ataupun bayi kerdil.

Ciri Fisik Bayi Kerdil Atau Bayi Penderita Achondroplasia

Kondisi tubuh kerdil sebenarnya sudah dapat dilihat dari saat bayi baru lahir. Bayi kerdil memiliki beberapa ciri fisik yang dapat mudah dikenali yaitu:

  1. Memiliki ukuran lengan, tungkai dan jari yang pendek tidak seperti orang normal
  2. Memiliki ukuran lingkar kepala yang cenderung lebih besar dengan bagian dahi yang sangat menonjol
  3. Ketika sudah mulai tumbuh gigi, bayi kerdil akan memiliki gigi yang tidak sejajar dengan letak yang cenderung berdempetan
  4. Pada bagian jari tengah dan jari manis memiliki jarak yang cukup lebar atau memiliki ruang diantara kedua jari tersebut
  5. Mengalami kondisi kelainan tulang belakang yaitu lordosis, kifosis dan skoliosis. Pada penderita achondroplasia dapat menderita satu kelainan tulang belakang.
  6. Memiliki kanal tulang belakang yang relatif sempit
  7. Memiliki tungkai kaki yang membentuk huruf O
  8. Bentuk telapak kaki yang cenderung pendek dan lebar
  9. Memiliki kekuatan otot yang lemah
Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan