Ingin Pertumbuhan Bayi Sehat dan Gemuk? Inilah Makanan Super yang Harus Dipilih!

Punya bayi sehat dan gemuk pastilah ada kebahagiaan sendiri bagi setiap orang tua. Meski begitu, untuk memiliki bayi yang gemuk namun tetap sehat juga tidak begitu saja melainkan orang tua harus pandai dalam memilih asupan bagi si kecil. Nutrisi bagi anak haruslah baik sehingga pertumbuhan bayi bisa selalu baik. Makanan utama bagi bayi hingga usianya 6 bulan adalah ASI. Namun setelah itu, bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI sehingga menambah pengalaman makannya.

Untuk prinsip mudah penyajian makanan ke bayi adalah makanan itu harus berwarna-warni, segar dan teksturnya beragam. Namun wajib diwaspadai juga kemungkinan anak ada alergi akan suatu jenis kandungan. Untuk referensi, berikut ini jenis makanan yang bisa membantu pertumbuhan bayi secara sehat:

  • Brokoli

Yang pertama adalah brokoli dimana sayuran ini memiliki kandungan banyak serat, kalsium hingga asam folat. Brokoli jadi sayur tepat bagi anak yang baru pertama mencicipi sayur. Anda bisa mengukusnya lalu potong kecil lembut dan kombinasikan dengan kembang kol.

  • Pisang

Selanjutnya adalah pisang yang amat mudah untuk disajikan. Kandungan karbohidrat di dalam pisang beserta seratnya amat baik bagi tubuh. Pilih pisang matang untuk bayi dan sajikan dengan dikerok lalu dihaluskan. Apabila anak sudah bisa mengunyah, maka Anda bisa memotongnya dengan ukuran kecil saa.

  • Ubi

Kandungan nutrisi yang ada pada ubi banyak sekali mulai dari serat, vitamin C, kalium hingga antioksidan. Rasa ubi yang manis akan menjadikan bayi suka dengan makanan ini. Anda bisa menyajikannya dengan ditumbuk lalu kukus sampai matang sehingga seperti bubur.

Baca juga beberapa tips untuk bayi anda tetap sehat. Lihat selengkapnya di boxbayi.net

  • Alpukat

Buah yang kaya akan lemak tak jenuh ini bisa membantu dalam mengembangkan otak anak. Komposisi lemaknya juga mirip dengan ASI. Kandungan protein tinggi yang ada di alpukat juga baik sehingga bayi bisa tumbuh sehat dan gemuk. Anda bisa menyajikan alpukat matang kepada si kecil dengan jumlah yang tak terlalu banyak mengingat alpukat mudah mengenyangkan.

  • Wortel

Rasa manis dan warna cerahnya jadikan wortel pun patut disajikan ke si kecil. Kandungan beta karoten di dalamnya pun amat baik bagi perkembangan serta penglihatan si kecil. Anda bisa menyajikannya dengan dikukus matang lalu dihaluskan.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk bayi. Beberapa makanan lain yang juga baik untuk pertumbuhan bayi adalah telur, daging hingga buah-buahan lainnya. Untuk itu usahakan memberikan bayi nutrisi lengkap dan makanan yang sehat. Namun tetap waspada jika ada beberapa makanan yang bisa mengakibatkan alergi untuknya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter juga dalam hal ini.

Be Sociable, Share!
 Ingin Pertumbuhan Bayi Sehat dan Gemuk? Inilah Makanan Super yang Harus Dipilih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *