Ini Cara Menyapih Anak dengan Benar

Menyusui anak adalah kewajiban bagi Anda semua ibu. Karena memang ASI adalah makanan yang paling bagus dan paling baik untuk anak Anda. Namun tentunya anak Anda tidak harus selamanya minum ASI. Dia harus dapat minum selain ASI. Maka dari itu Anda harus berlatih untuk menyapih anak apabila waktunya telah cukup. Namun kebanyakan pada saat ini, ibu-ibu terutama ibu yang masih pemula masih belum tahu kapan anak mereka Anda harus disapih serta bagaimana cara menyapih dengan benar agar tidak membahayakan anak namun anak menjadi tidak minum air susu lagi. Pengetahuan akan hal ini harus Anda ketahui karena hal ini akan penting untuk Anda maupun untuk anak Anda nantinya.

Dalam hal kapan Anda harus melakukan penyapihan anak adalah pada waktu-waktu tertentu. Pada waktu ini usahakan Anda melakukan cara penyapihan anak dengan benar agar anak Anda menjadi berhenti minum air susu. Dalam waktu tersebut adalah:

  • Bayi umur 2 tahun

Sebaiknya Anda mulai menyapih pada saat anak Anda usia 2 tahun. Karena pada masa ini harusnya anak Anda sudah mulai kenal dengan berbagai makanan lainnya selain ASI.

  • Bayi telah dapat minum selain ASI

Namun apabila belum genap 2 tahun namun anak Anda sudah mulai tertarik dengan makanan lainnya atau sudah mulai bisa untuk minum air putih sendiri. Maka pada waktu ini adalah waktu yang tepat untuk anak Anda agar di sapih.

Sebenarnya tujuan dari penyapihan ini adalah baik, dengan Anda mulai menyapih anak, maka secara otomatis Anda mulai mengenalkan anak Anda dengan berbagai makanan lainnya dan mulai mengajarkan anak untuk makan sendiri. Dengan cara ini maka tentu saja anak Anda akan menjadi lebih mandiri dan mulai untuk melatih proses pencernaannya. Anda dapat mengenalkan anak Anda dengan minuman yang lainnya agar anak Anda tidak selalu ingin minum ASI.

Baca Juga : Daftar makanan untuk ibu menyusui

Setelah Anda tahu kapan Anda harus memulai untuk melakukan penyapihan terhadap anak Anda, maka sebaiknya Anda harus paham bagaimana cara menyapih yang benar dan bagus agar anak Anda tidak sakit atau merasa pahit. Dengan cara yang benar maka anak Anda akan lebih nurut. Cara tersebut adalah:

  • Menggunakan minyak kayu putih.
  • Mengenalkan anak dengan air minum.

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih ke putih Anda. Sehingga dengan ini maka anak Anda akan mulai tidak nyaman dan tidak enak untuk selalu minum air susu Anda. Selain itu cara menyapih anak yang benar lainnya adalah dengan cara mengenalkan anak Anda dengan minuman lain selain ASI misalnya saja air putih.

Be Sociable, Share!
 Ini Cara Menyapih Anak dengan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *