Ini Dia 5 Cara Memilih Sepeda Anak yang Tepat Sesuai dengan Usia Mereka

Ini Dia 5 Cara Memilih Sepeda Anak yang Tepat Sesuai dengan Usia Mereka

Sepeda merupakan salah satu jenis mainan anak yang populer dan selalu dicari oleh para orang tua. Umumnya setiap anak akan memiliki impian sepeda berbeda-beda sesuai dengan jenis dan model sepeda anak yang mereka sukai. Hal ini dikarenakan bersepeda merupakan hal yang menyenangkan dan dapat dilakukan bersama teman-temannya, oleh karena itu tidak heran jika sepeda menjadi salah satu mainan wajib yang hampir dimiliki setiap anak. Selain dapat digunakan untuk bermain, bersepeda juga bagus untuk kesehatan anak Anda karena secara tidak langsung dapat menjadi sebuah sarana olahraga.

Ini Dia 5 Cara Memilih Sepeda Anak yang Tepat Sesuai dengan Usia Mereka

Membeli sepeda untuk anak Anda sama halnya seperti mengenalkan kendaraan kepada buah hati Anda, oleh karena pemilihan sepeda tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara memilih sepeda yang tepat sesuai dengan usia buah hati Anda, antara lain: 

  1. Pilihlah ukuran sepeda yang sesuai dengan tinggi dan bobot anak Anda. Hal ini bertujuan agar buah hati dapat lebih mudah ketika menaiki sepeda maupun pada saat berjalar untuk pertama kalinya naik sepeda.
  2. Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda khusus anak adalah dengan memastikan bagian rangka sepeda yang harus kuat dan kokoh. Rangka ini juga harus memiliki bentuk yang lurus dari depan sampai belakang agar kegiatan bersepeda semakin nyaman nantinya.
  3. Untuk menjaga keamanan anak ketika bersepeda, usahakan untuk mengecek bagian rem pada sepeda anak yang akan Anda beli. Umumnya jenis rem yang bagus akan membuat roda cepat berhenti.
  4. Sebaiknya Anda juga membeli jenis sepeda yang memiliki pelindung rantai untuk melindungi kaki maupun celana anak agar tidak kotor atau bahkan tersangkut kedalam rantai.
  5. Anda juga perlu memastikan posisi stang yang tepat agar sepeda tersebut nyaman saat digunakan, yaitu yang tidak terlalu dekat namun juga tidak terlalu jauh sehingga pas dengan ukuran panjang tangan buah hati Anda.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga perlu memilih sepeda dengan memperhatikan kemampuan anak Anda, misalnya jika usia anak masih berkisar antara 1 sampai 3 tahun, maka akan lebih baik jika memilihkan sepeda yang memiliki roda bantu atau sepeda roda tiga. Hal ini penting untuk mengantisipasi agar buah hati tidak terjatuh saat menaiki sepeda tersebut.

Itulah ulasan mengenai 5 cara memilih sepeda anak yang tepat sesuai usianya dan bisa Anda jadikan referensi agar tidak salah pilih dan bisa mendapatkan jenis sepeda terbaik untuk buah hati Anda. Jangan lupa untuk menemani dan selalu mengawasi anak ketika sedang bersepeda agar anak tidak mudah terjatuh dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan