Ini Dia 5 Penyebab Bayi Kembung dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ini Dia 5 Penyebab Bayi Kembung dan Cara Ampuh Mengatasinya

Memiliki buah hati adalah sebuah kebahagiaan besar untuk sebuah rumah tangga. Namun, saat ibu memiliki bayi harus siap dengan segala kondisi yang mungkin terjadi. Salah satu jenis problema yang sering dihadapi oleh para ibu baru adalah masalah bayi kembung. Umumnya buah hati Anda akan lebih sering mengalami perut kembung pada usia 0-3 bulan, karena pada usia ini pencernaan bayi sedang melakukan proses pematangan usus. Dan juga sering terjadi pada usia 6 bulan ke atas pada saat pertama kali bayi diberi mpasi atau makanan pendamping asi. Hal ini terjadi karena perut bayi sedang membiasakan diri dengan konsumsi makanan padat untuk pertama kalinya.

Ini Dia 5 Penyebab Bayi Kembung dan Cara Ampuh Mengatasinya 

Biasanya gejala umum jika perut bayi Anda kembung adalah buah hati akan lebih sering bersendawa, kentut, rewel dan perut bayi menjadi keras. Keadaan ini secara otomatis akan membuat bayi Anda tidak nyaman, bahkan terkadang bayi menangis secara terus-menerus. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya Anda mengetahui apa saja penyebab umum yang membuat perut bayi Anda menjadi kembung, antara lain:

  1. Kesalahan posisi saat menyusui seperti kepala bayi Anda lebih rendah dibandingkan perutnya akan membuat bayi terlalu banyak menelan udara.
  2. Terlalu banyak pergerakan bayi pada saat makan atau minum juga dapat menyebabkan udara terperangkap ke dalam saluran usus menjadi berlebihan.
  3. Batasi konsumsi mpasi seperti jenis sayuran kacang, brokoli atau kol karena lebih sering menyebabkan bayi kembung.
  4. Beberapa bayi juga mengalami kesulitan untuk mencerna fruktosa dan sukrosa sehingga berakibat pada perut kembung bahkan menjadi diare.
  5. Hindari konsumsi air mineral yang terlalu sering pada bayi karena pada usia 6 bulan memang belum direkomendasikan untuk memberikan asupan cairan yang berlebih.

Selain beberapa penyebab di atas, jika bayi Anda sering menangis juga dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara ampuh yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi masalah perut kembung buah hati Anda, yaitu: 

  • Usahakan untuk selalu menyusui bayi dengan posisi yang baik dan benar serta gunakan botol susu yang bersifat tidak membentuk gelembung udara sehingga dapat mencegah perut kembung.
  • Berikan makanan pada saat suasana bayi Anda tenang, sehingga tidak akan ada banyak pergerakan yang membuat pencernaan bayi menjadi tidak terkontrol dengan baik.
  • Pijatlah perut bayi atau punggungnya secara perlahan untuk membantu angin yang terjebak di perut agar dapat keluar.

Itulah ulasan mengenai 5 penyebab umum yang sering membuat bayi kembung dan bagaimana cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasinya. Pertumbuhan dan perkembangan bayi merupakan hal penting yang harus mendapat perhatian utama, sehingga Anda harus mengusahakan bayi agar selalu dalam keadaan nyaman dan sehat.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan