Ini Dia Cara Merangsang Motorik Anak dengan Tepat

Kecerdasan pada anak dapat meliputi pada perkembangan kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan komunikasi serta kecerdasan motorik anak yang mana keempat hal tersebut haruslah diperhatikan oleh sang ibu dengan sebaik mungkin, dengan begitu maka kecerdasan anak pun dapat berkembang dengan maksimal. Dengan memberikan rangsangan yang tepat yang akan menjadikan keempat kecerdasan tersebut dapat tumbuh dengan sempurna.

Anak memiliki dua jenis motorik yaitu motorik kasar dan halus, yang mana motorik kasar akan meliputi pada gerakan tubuh yang menggunakan sebagian besar anggota tubuh termasuk pada otot-otot besar, hal ini akan dipengaruhi oleh berat badan, perkembangan anak pada fisik dan juga pada usia anak, misalnya saja menendang, berdiri, duduk, berlari, naik turun tangga atau yang lainnya, sedangkan yang dimaksud dengan motorik halus yaitu kemampuan mengenai hubungannya dengan ketrampilan fisik yang mana untuk hal ini akan melibatkan otot-otot kecil serta koordinasi pada mata dan tangan.

Motorik pada setiap bayi tentu akan memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya. Adapun beberapa stimulasi motorik anak yang dapat Anda ketahui sesuai dengan usia sang anak, yaitu seperti yang ada di bawah ini:

  • Bayi usia 0 hingga 3 bulan.

Ajaklah anak untuk mengangkat kepalanya, dengan posisi tengkurep. Atau baringkan anak dalam posisi terlentang lalu bantulah anak untuk membalikkan posisi tubuhnya.

  • Bayi usia 4 hingga 6 bulan.

Bantulah si kecil untuk memiringkan atau menggulingkan tubuhnya dengan cara memberikan makanan yang ada di atas kepalanya lalu pindahkan mainan tersebut secara perlahan dari kiri ke kanan.

Baca Juga: Permainan untuk Melatih Motorik Anak Usia Balita

  • Usia 7 hingga 9 bulan.

Letakkan cermin di depan anak, biarkan anak melakukan gerakan mengangkat dan menurunkan bokong, punggungnya serta menggoyangkan ke belakang dank ke depan.

  • Usia 10 hingga 12 bulan.

Ajaklah sang anak untuk berlatih berjalan.

Dengan adanya rangsangan motorik yang diberikan kepada sang anak hal ini akan memberi dampak yang baik pada kecerdasan sang anak yang mana anak akan memiliki pertumbuhan yang baik dan secara maksimal. Selain pada rangsangan motorik pada bayi, maka asupan makanan yang dikonsumsi sang anak pun juga memiliki pengaruh yang besar dalam hal tumbuh dan kembangnya sang anak, untuk hal itu tetaplah perhatikan kedua hal tersebut.

Jenis makanan yang dapat untuk Anda berikan kepada buah hati Anda dalam hal merangsang motorik anak serta memberikan rangsangan kepada otak si kecil yaitu makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3, ikan salmon, eikosapentanoat atau EPA, DHA yang mana keempat jenis makanan tersebut memiliki peran penting dalam hal pertumbuhan serta fungsi otak pada buah hati Anda.

 

Be Sociable, Share!
 Ini Dia Cara Merangsang Motorik Anak dengan Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *