Ini Dia Daftar Makanan Bayi Terbaik Saat Memasuki Usia 6 Bulan

Ini Dia Daftar Makanan Bayi Terbaik Saat Memasuki Usia 6 Bulan

Pada dasarnya makanan terbaik untuk bayi adalah asi. Akan tetapi, ketika usia buah hati Anda sudah memasuki bulan ke enam, gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi Anda akan berbeda dengan usia-usia sebelumnya. Memperhatikan asupan nutrisi untuk buah hati sangat penting dan tidak boleh sampai terlewatkan, hal ini karena setiap makanan yang masuk kedalam tubuh bayi Anda akan mempengaruhi pada pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Umumnya bayi akan diberi makanan pendamping asi atau mpasi ketika usianya memasuki enam bulan, namun pemberian makanan bayi ini juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

 Ini Dia Daftar Makanan Bayi Terbaik Saat Memasuki Usia 6 Bulan

Ada beberapa ciri umum yang biasanya menandakan bahwa buah hati Anda sudah siap untuk mengkonsumsi mpasi, jika bayi sudah menunjukan salah satu ciri-ciri atau reaksi di bawah ini, maka berarti buah hati sudah siap untuk diberikan mpasi. Ciri-cirinya adalah:

  • Bayi sudah dapat duduk sendiri, karena tubuh buah hati Anda sudah cukup kuat untuk menyangga kepalanya.
  • Koordinasi bagian tubuh antara mulut, tangan dan mata sudah mulai berjalan lancar, hal ini ditandai dengan bayi dapat menjangkau dan memasukan makanan ke mulutnya.
  • Bayi Anda juga menunjukan ketertarikan dengan makanan yang sedang Anda konsumsi.
  • Secara perlahan, bayi juga sudah dapat menelan makanan, ketika belum siap umumnya para bayi akan memuntahkan semua jenis makanan yang masuk.

Selain mengetahui beberapa tanda buah hati Anda sudah siap diberi makanan bayi pendamping atau mpasi, sebaiknya Anda juga memberikan jadwal makan dengan teratur agar pencernaan bayi Anda dapat bekerja dengan baik dan semua nutrisi yang masuk juga dapat bermanfaat sesuai fungsinya. Namun, hanya beberapa jenis makanan saja yang boleh dikonsumsi oleh bayi Anda. Oleh karena itu, berikut ini akan kita bahas apa saja mpasi terbaik untuk usia bayi yang memasuki 6 bulan, antara lain:

  • Menggunakan beras merah atau beras putih kemudian dimasak menjadi bubur, lalu Anda saring dan mencampurnya dengan asi.
  • Anda juga dapat membuat bubur susu dari bahan utama berupa tepung yang kemudian dimasak menggunakan air dan terakhir dengan menambahkan asi, usahakan untuk membuat tepung tersebut sendiri agar kualitasnya lebih terjamin.
  • Makanan pendamping asi berupa pure buah juga sangat direkomendasikan seperti pure advokat, pure pisang, pepaya dan apel.

Semua jenis makanan bayi terbaik pendamping asi tersebut saat ini sudah bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai swalayan. Namun, karena setiap nutrisi dan asupan makan yang masuk ke dalam tubuh bayi akan menunjukan reaksi dengan cepat, akan jauh lebih baik apabila Anda membuat semua jenis mpasi sendiri sehingga akan lebih terjamin kebersihan dan kualitasnya. Selain itu, hal tersebut juga akan lebih menjamin tumbuh kembang buah hati dengan lebih maksimal.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan