Ini Dia Jenis Permainan untuk Melatih Motorik Anak

Anak-anak masih berada dalam tahap tumbuh kembang tubuhnya baik untuk bertambah tinggi, besar atau bertambah sempurna untuk organ bagian dalam mereka. Selain dari faktor nutrisi makanan, ada faktor lain yang bisa mendukung pertumbuhan tubuh mereka yaitu gaya hidup atau aktifitas sehari-hari. Anak yang sering melakukan olah tubuh akan tumbuh lebih cepat daripada mereka yang kesehariannya lebih banyak terdiam atau tidur. Oleh karena itu sebagai orang tua atau pengasuh dan pendidik, perlu mendorong anak-anak untuk melakukan berbagai aktifitas yang bisa bermanfaat untuk melatih motorik anak.

Kegiatan motorik adalah kegiatan yang menyebabkan tubuh dan syaraf bergerak. Dengan pergerakan itulah tubuh dan syaraf menjadi lebih terlatih sehingga terus bisa melakukan berbagai kegiatan lainnya. Bayangkan jika anak Anda tidak dilatih untuk bisa menaiki 2 anak tangga, apakah mungkin ia bisa menaiki 5 atau 7 anak tangga lainnya? Pemikiran itulah yang membuat banyak taman bermain atau taman kanak-kanak menyediakan taman untuk berbagai kegiatan bermain anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan sebagainya.

Selain permainan yang biasa disediakan di taman bermain atau taman kanak-kanak seperti yang disebutkan tadi, ada beberapa jenis permainan lain yang bisa digunakan sebagai latihan kegiatan motorik anak. Permainan berikut ini bisa dilakukan oleh satu atau beberapa anak sekaligus sehingga juga bisa diterapkan untuk melatih kepekaan sosialnya. Permainan tersebut antara lain:

  • Permainan lempar tangkap bola.

Bola bisa ditendang atau dilempar untuk melatih motorik tangan dan kaki. Permainan ini harus dilakukan di luar ruangan dan diawasi orang dewasa agar tidak ada yang terluka.

Baca Juga: Ini Dia Cara Merangsang Motorik Anak dengan Tepat

  • Memainkan alat musik.

Meski anak-anak belum menguasai alat musik apapun, namun mengenalkannya tentang cara bermain alat musik bisa membuatnya melatih motorik jari dan otot yang lain misalnya rahang dan lengan

  • Permainan air.

Sempat mengajak anak ke kolam renang, ajarkan ia berjalan di dalam air dan berenang untuk melatih semua otot motoriknya.

Di era modern seperti saat ini banyak yang orang tua justru ingin anaknya diam tanpa melakukan aktifitas seperti berlari atau berkejaran dengan teman sebaya. Mereka dijejali dengan permainan gadget yang justru tidak banyak melatih gerakan motorik mereka. hal ini perlu dibatasi agar anak memiliki tubuh yang tangkas dan rasa kebersamaan dengan teman-temannya.

Beberapa permainan untuk melatih motorik anak tersebut di atas bisa digunakan untuk mengajar di taman bermain atau sekedar melatih anak sendiri di halaman rumah. Selain dengan memperkenalkan berbagai permainan tersebut, dukung motorik untuk anak dengan memberikan asupan gizi yang seimbang dan lengkap terutama dari susu. Susu merupakan sumber kalsium terbaik yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang mereka.

 

Be Sociable, Share!
 Ini Dia Jenis Permainan untuk Melatih Motorik Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *