ini Dia Perkembangan Janin Bayi di Tiga Bulan Pertama Masa Kehamilan

ini Dia Perkembangan Janin Bayi di Tiga Bulan Pertama Masa Kehamilan

Memiliki buah hati adalah hal yang paling diinginkan oleh setiap orang. Dengan memiliki momongan hidup Anda bersama pasangan akan lebih berwarna dan menyenangkan. Masa hamil bagi para istri adalah masa yang rawan bagi perkembangan janin yang ada di dalam tubuh para calon ibu. Namun, jika Anda selalu mengawasi perkembangan janin yang ada dalam perut, Anda bisa mengatur pola hidup mana saja yang harus Anda perbaiki dan hindari agar perkembangan janin bayi yang ada dalam tubuh bisa baik dan lahir selamat.

ini Dia Perkembangan Janin Bayi di Tiga Bulan Pertama Masa Kehamilan

Pembuahan terjadi di salah satu tuba falopi ketika sperma bertemu dengan sel telur dan membuat zigot. Zigot inilah yang akan menjadi asal muasal adanya janin bayi yang akan berkembang dari waktu ke waktu. Pada akhir bulan pertama kehamilan, janin yang ada akan berukuran hanya sebesar sebiji beras. Namun perkembangan dari bulan ke bulan selanjutnya sangat bervariasi. Berikut adalah perkembangan janin di tiga bulan pertama kehamilan.

  • Bulan Pertama

Setelah pembuahan, zigot akan menuju rahim dan membentuk morula, lalu morula akan berkembang dengan banyak tahapan, hal ini berlangsung pada bulan pertama ini. Kantung ketuban juga sudah mulai terbentuk dan akan membungkus embrio dengan ketat. Fisik janin sedikit demi sedikit mulai terbentuk dengan adanya titik hitam yang nantinya akan menjadi mata.

Embrio yang ada juga sudah mulai menerima makanan dari Ibu melaui plasenta. Plasenta juga berfungsi sebagai jalur buangan untuk kotoran yang bayi keluarkan. Pada fase ini sel darah sudah mulai terbentuk dengan sendirinya dan akan mulai berkembang dengan pesat.

  • Bulan Kedua

Pada bulan kedua ini, tulang rawan yang ada akan menjadi tulang. Jaringan syaraf pusat sudah mulai terbentuk seperti pada bagian otak, sumsum tulang belakang, dan berbagai jaringan syaraf lain. Sistem peredaran darah juga sudah mulai terbentuk dan jantung sudah mulai ada bersamaan dengan sistem darah tadi.

Jaringan fisik tubuh juga sudah mulai berkembang, dengan adanya kepala yang dihiasi lipatan kecil sebagai masa awal adanya telinga. Dan pada bagian tubuh pun mulai tumbuh tangan dan kaki.

  • Bulan Ketiga

Pada masa ini bagian organ dalam mulai berkembang secara pesat. Hati sudah mulai memproduksi empedu, sistem pembuangan urine juga sudah mulai berkembang, sistem pendarahan juga sudah mulai bekerja. Namun jenis kelamin masih belum bisa ditentukan meskipun sistem reproduksi sudah mulai ada.

Tubuh yang adapun sudah mulai berkembang dengan adanya lengan, kaki, tangan dan sudah membentuk jari-jari. Gigi sudah sedikit terbentuk di bagian mulutnya.

Meskipun baru memasuki tiga bulan pertama janin bayi memiliki perkembangan yang menakjubkan. Dengan besarnya Kuasa Tuhan, maka bayi akan terbentuk dengan sempurna pada enam bulan selanjutnya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan