Ini Dia Tips Perawatan Bayi yang Bisa Anda Lakukan Jika Sedang Demam

Orangtua tentu setiap detiknya belajar tata cara perawatan bayi kadang secara otodidak tanpa dampingan orangtua yang lebih berpengalaman. Kadang juga berbekal informasi yang disajikan oleh Google sehingga perawatan si kecil terasa lebih mudah dari hari ke hari. Mengurus anak terutama di usia bayi memang gampang-gampang susah apalagi setiap bayi memang memiliki karakter berbeda-beda. Usahakan untuk terus belajar namun tetap santai, kalau selama mengasuh bayi malah tertekan bisa jadi jatuh sakit dan kelimpungan sendiri mencari cara merawat bayi.

Bagaimana Merawat Bayi yang Sedang Demam?

Ketika bayi dalam kondisi sehat tentu perawatannya lebih mudah, namun berbeda sekali saat bayi jatuh sakit misalnya demam. Dijamin orangtua akan kebingungan terlebih untuk demam perdana, padahal sejak usia 3 bulan bayi memang cenderung lebih mudah demam. Supaya tidak bingung maka simak beberapa tips perawatannya di bawah ini:

  • Berikan asupan cairan sebanyak mungkin,

Ketika suhu tubuh bayi demam maka akan meningkat dan membuatnya mudah berkeringat sehingga resiko dehidrasi semakin tinggi. Baiknya berikan minum susu atau ASI lebih banyak untuk mencegah dehidrasi tersebut. Kalau bayi menolak tidak ada salahnya dipaksa untuk mencegah kondisi bayi memburuk.

  • Rutin mengontrol suhu tubuh bayi dan di kompres,

Saat bayi demam maka berikan kompres dengan air dingin atau memakai produk kompres yang kini ada di pertokoan. Kompres membantu menurunkan suhu tubuh bayi saat demam atau paling tidak mencegah panas semakin parah terutama di area kepala. Selain itu perawatan bayi yang demam juga penting dengan memberikan kontrol suhu badan, gunakan thermometer tepat sesuai usia bayi. Misalnya untuk bayi di bawah 3 bulan idealnya memakai thermometer yang dimasukkan ke anus.

  • Berikan pakaian yang tipis,

Melihat kondisi suhu tubuh bayi meningkat kadang orangtua malah memberikan pakaian tebal dan menyelimuti si kecil. Apakah salah? Tindakan seperti ini tentu kurang tepat sebab bisa membuat si kecil semakin rewel karena kepanasan padahal tubuhnya dalam keadaan kurang nyaman. Dianjurkan untuk mencegah keluarnya keringat berlebih dengan memakaikan pakaian lebih tipis dan jangan berikan selimut. Cek beberapa jam sekali, sebab bisa jadi perlu mengganti baju bayi yang lembab oleh keringat.

  • Berikan dekapan pada buah hati,

Dekapan orangtua tentu bisa menenangkan si kecil ketika demam, sehingga alangkah baiknya tetap digendong. Kehangatan dan ikatan batin antara anak dengan orangtua diperlukan bayi untuk bisa tenang dan merasa aman. Apalagi ketika suhu tubuh meningkat tajam, anak-anak cenderung mengigau tentu pada bayi kondisinya bisa sama meski bayi belum bisa berbicara apa yang ada dipikirkannya. Nah, dalam perawatan bayi yang demam tentu butuh penanganan cepat kalau belum juga suhu turun bisa di periksakan ke dokter anak.

 Ini Dia Tips Perawatan Bayi yang Bisa Anda Lakukan Jika Sedang Demam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *