Ini Tahap Perkembangan Bayi Usia 3 Sampai 9 Bulan

Mengikuti tahap kembang bayi adalah hal yang paling menyenangkan. Beberapa tingkah lucu bayi saat dia mengalami tumbuh kembang akan membuat Anda merasa sangat senang. Namun sebagai orang tua yang cerdas, pastinya Anda harus paham bagaimana tahap perkembangan bayi Anda pada saat usia 3 sampai 9 bulan. Mengapa harus usia 3 sampai 9 bulan? Karena pada usia tersebut Anda akan melihat perkembangan yang sangat drastis pada bayi Anda. Perubahan ini sangat pesat sehingga Anda akan dibuat kagum oleh bayi Anda. Sehingga apabila Anda mengetahui perkembangan apa saja yang terjadi pada bayi Anda pada usia tersebut, maka Anda dapat mengontrol apakah bayi Anda dapat melakukan semua hal tersebut. Selain itu dengan mengetahui tahap perkembangan pada bayi tersebut, maka Anda tentunya dapat menyiapkan segala hal untuk menyambut tumbuh kembang dari bayi Anda.

Memang untuk waktu yang dibutuhkan bayi agar dapat mengalami perubahan adalah berbeda-beda. Sehingga setiap bayi akan mengalami perubahan tersebut dalam waktu yang berbeda juga. Maka dari itu pada tahap perkembangan di bawah ini Anda akan diberikan kisaran waktu. Beberapa tahap perkembangan tersebut adalah:

  • Usia 3 sampai 4 bulan

Pada usia bayi Anda masuk ke umur 3 sampai 4 bulan, maka perubahan yang terjadi pada bayi Anda adalah bayi Anda sudah dapat tengkurap. Artinya bayi Anda sudah kuat untuk menahan berat badannya untuk tertumpu pada perut.

  • Usia 4 bulan

Sedangkan untuk usia bayi yang masuk ke umur 4 bulan, maka perubahan yang terjadi adalah bayi Anda sudah dapat mengangkat kepalanya. Sehingga dini maka ketajaman penglihatan bayi Anda akan menjadi lebih kuat.

Dan pada usia 4 sampai 5 bulan, tahap perkembangan bayi selanjutnya adalah bayi Anda sudah dapat mengeluarkan suara memekik dengan senang. Suara ini adalah sebagai tanda bahwa bayi Anda sangat senang. Dan salah satu cara bayi untuk menunjukkan rasa senangnya adalah dengan cara memekik tersebut. Hal ini bisa karena bayi Anda senang dengan melihat Anda.

Baca Juga : Tips memandikan bayi baru lahir

Dan tentunya perkembangan bayi Anda akan semakin jauh lagi. Tahap perkembangan kali ini adalah saat bayi Anda usia 7 sampai 8 bulan. Perkembangan yang terjadi pada usia bayi Anda tersebut adalah:

  • Usia 7 sampai 8 bulan

Dapat memegang benda dengan kedua tangan.

  • Usia 7 sampai 8 bulan

Bisa duduk

Pada saat usia 7 sampai 8 bulan, bayi Anda sudah mulai dapat memegang barang dengan kedua tangannya. Selain itu pada usia ini bayi Anda sudah mulai duduk. Dan tahap perkembangan bayi selanjutnya adalah pada usia 6 sampai 9 bulan, yakni pada usia ini bayi Anda sudah dapat makan sendiri. Walaupun masih belepotan namun bayi Anda sudah dapat memegang sendok sendiri.

Be Sociable, Share!
 Ini Tahap Perkembangan Bayi Usia 3 Sampai 9 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *