Ini yang Menyebabkan Bayi Menangis Histeris Ketika Anda Memandikan Bayi

Bayi harus di dimandikan agar anak Anda tetap dalam kondisi yang bersih terutama jika anak Anda pup atau buang air kecil dalam intensitas yang tinggi misalnya sedang diare. Memandikan bayi menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua terutama yang baru pertama kali menjadi orang tua. Ada bayi yang ketika dimandikan diam dan justru menikmati saat dimandikan namun ada bayi yang menangis histeris.

Ada beberapa alasan mengapa bayi tersebut menangis histeris ketika dimandikan. Pertama adalah bayi sudah mulai mengantuk. Bahkan orang dewasa yang mengantuk akan marah saat dipaksa untuk melakukan sesuatu seperti mandi. Bayi memerlukan waktu tidur yang lebih lama jika dibandingkan dengan orang dewasa sehingga ada kalanya saat masuk jam mandi, bayi sudah mengantuk. Jika dipaksa untuk tetap dimandikan, bayi akan cenderung kaget dan merajuk sehingga menangis histeris. Solusinya, tunggu hingga bayi bangun baru kemudian dimandikan.

Kedua adalah lapar. Bayi belum bisa mengatakan apa yang diinginkan sehingga ketika Anda mulai bersiap untuk memandikan bayi Anda, anak Anda justru menangis histeris karena merasa lapar dan orang tua tidak sigap untuk memberikan makanan seperti ASI. Solusinya adalah Anda bisa memberikan ASI terlebih dahulu sebelum anak Anda dimandikan, setidaknya tunggu sekitar 30 detik setelah makan untuk selanjutnya memandikan buah hati Anda.

Ketiga adalah suhu air yang tidak sesuai. Suhu air yang pas untuk memandikan buah hati anak Anda adalah yang hangat-hangat kuku. Suhu air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin bisa membuat anak Anda enggan untuk mandi dan keengganan tersebut ditunjukkan dengan cara menangis histeris. Solusinya, sebelum Anda memandikan anak Anda, cek dahulu suhu airnya dengan mencelupkan tangan atau siku Anda.

Alasan lainnya yang menyebabkan anak menangis histeris ketika Anda memandikan bayiyaitu bayi merasa tidak aman. Faktor ini sering terjadi apalagi jika dimandikan oleh orang yang baru pertama kali memandikan anak. Karena hal tersebut bayi merasa tidak aman. Agar anak tidak histeris, jangan paksa bayi untuk dimandikan, jangan panik, kreatif misalnya mengalihkan perhatian anak agar anak tidak histeris. Ada langkah-langkah memandikan anak Anda, yaitu:

  • Siapkan ruangan yang hangat dan bersih serta memiliki permukaan yang rata dan stabil.
  • Siapkan peralatan mandi yang diperlukan misalnya bak, air, shampoo, sabun, handuk, washlap.
  • Tuangkan air dan cek temperatur air, apakah sudah pas atau belum.
  • Lepaskan pakaian bayi dengan hati-hati kemudian secara perlahan masukkan bayi di bak mandi yang sudah diisi air hangat,
  • Mandikan bayi dengan cara membasuhnya dengan lembut dimulai dari kepala, leher lalu turun ke bawah. Pastikan membasuh lipatan seperti dagu.
  • Jangan mandikan lebih dari 5 menit.
  • Angkat bayi dengan lembut, beri handuk, lotion, bedak, dan pakaikan pakaian.

Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda!

 

 Ini yang Menyebabkan Bayi Menangis Histeris Ketika Anda Memandikan Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *