Inilah 4 Tips Membersihkan Telinga Bayi Secara Efektif dan Aman

Inilah 4 Tips Membersihkan Telinga Bayi Secara Efektif dan Aman

Merawat telinga bayi tidak bisa dilepaskan dari yang namanya membersihkan daun telinga maupun bagian dalam telinga itu sendiri. Hanya saja saat membersihkan telinga buah hati Anda dijamin memiliki tantangan tersendiri. Sebenarnya bagian dalam telinga tidak perlu dibersihkan sebab kotoran berwarna kekuningan di dalamnya akan terbentuk secara alami. Fungsinya adalah melindungi telinga bagian dalam, namun dalam periode tertentu akan mengering dan keluar dengan sendirinya. Otomatis tetap wajib dibersihkan secara rutin agar bayi Anda terlihat bersih.

Inilah 4 Tips Membersihkan Telinga Bayi Secara Efektif dan Aman

Tips Membersihkan Telinga Si Kecil

Telinga dari bayi Anda tentu wajib dibersihkan baik di bagian dalam maupun luar, namun harus ekstra hati-hati agar tidak menimbulkan komplikasi. Berikut tips untuk disimak:

  • Bersihkan saat memandikan si kecil,

Agar saat membersihkan telinga buah hati tidak mengganggu kenyamanannya maka bisa dilakukan saat mandi. Berikan mainan di bak mandi bayi Anda sehingga si kecil fokus kepada mainan tersebut dan Anda berkonsentrasi membersihkan telinganya. Gunakan kapas atau kain dengan permukaan lembut untuk menyeka telinga buah hati. Saat mandi daun telinga akan basah oleh air sehingga lembab dan efeknya kotoran yang menempel lebih gampang dibersihkan.

  • Hindari penggunaan cutton bud,

Membersihkan daun telinga bayi memang idealnya memakai cutton bud namun tidak dengan bagian dalam telinga. Paling penting adalah membersihkan kotoran dari lubang telinga yang sudah nampak di permukaan. Jangan memasukan benda apapun ke lubang telinga buah hati Anda karena masih sangat sensitif dan berpotensi merusak gendang telinga. Baiknya ganti cutton bud dengan kain lembut saja, dan diusap ke bagian luar lubang telinga agar aman.

  • Menggunakan air hangat,

Jika Anda memilih memakai kain yang lembut untuk menyeka daun telinga dan lubang telinga buah hati Anda. maka untuk memberi efek nyaman basahi kain tersebut memakai air hangat bisa sekalian memakai air mandi si kecil. Air hangat bisa menjadikan permukaan kain lebih lembut dan lembab sehingga bisa mengangkat kotoran yang menempel di telinga secara efektif. Gosok secara perlahan dan satu arah untuk mencegah kotoran yang sudah berhasil diangkat masuk kembali ke daun dan lubang telinga buah hati Anda.

  • Memakai obat tetes telinga,

Obat tetes telinga juga bisa dijadikan media untuk membersihkan telinga buah hati Anda, khususnya di bagian dalam. Namun obat ini baiknya digunakan usai berkonsultasi dengan dokter sebab obat tetes telinga jenis tertentu tidak aman dipakai asal tanpa resep. Kemudian tidak aman pula dipakai terlalu sering, sehingga gunakan bila memang mendesak dan sudah meminta pendapat dari dokter anak Anda. Penggunaan obat tetes ini bisa membantu mengeluarkan kotoran dari dalam telinga bayi dengan cepat, sehingga bersih maksimal

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan