Inilah Daftar Makanan yang Baik untuk Pertumbuhan Anak

Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan anak, apakah baik atau terhambat. Salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi. Inilah daftar makanan yang baik untuk pertumbuhan anak, yang wajib diketahui orang tua.

Telur

Kandungan protein dan vitamin yang tinggi membuat telur jadi salah satu makanan wajib bagi anak. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang sangat penting untuk perkembangan otak anak.

Susu Sapi Murni

Sumber kalsium, fosfor dan mineral lainnya dapat dipenuhi dari susu sapi murni. Susu jenis ini jauh lebih baik dibandingkan susu kemasan. Anda juga bisa memberikan susu untuk sarapan dengan mudah dengan cara disajikan bersama sereal atau kookis.

Selai kacang

Jenis makanan satu ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang cukup memenuhi kebutuhan protein dan energi anak. Hindari selai yang mengandung terlalu banyak garam, gula, minyak sawit dan lain-lain karena hanya akan mengurangi manfaatnya.

Gandum

Makanan kaya serat ini dapat dikonsumsi dalam bentuk sereal ataupun biskuit. Selain menjaga kesehatan pencernaan, gandum juga bisa bermanfaat untuk mencegah sembelit.

Daging

Protein dan zat besi dapat diperoleh dari jenis makanan satu ini. Zat Besi berguna untuk mengoptimalkan perkembangan dan fungsi otak serta mendukung sistem kekebalan tubuh anak.


Ikan

Berbeda dengan daging yang biasanya mengandung lemak, jenis makanan satu ini memiliki kadar lemak jahat yang rendah. Ikan kaya akan protein yang dapat membantu pembentukan tulang dan otot yang sehat. Selain itu, jenis ikan tertentu juga mengandung asam lemak omega tiga dalam jumlah tinggi, yang berguna untuk mendukung perkembangan mata, otak dan saraf.

Keju

Kebutuhan protein, kalsium fosfor dan vitamin D juga dapat diperolah dari keju. Keju dengan rasa ringat seperti keju mozzarella biasanya disukai anak.

Brokoli

Jenis sayuran satu ini sangat kaya dengan nutrisi. Selain mengandung serat tinggi, brokoli juga bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan mata dan mencegah kerusakan sel. Brokoli bahkan menempati urutan pertama sebagai sayuran yang paling bergizi sedunia

Buah Berrie

Buah mungil bercitarasa asam manis ini kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beberapa fitokimia penting. Manfaat yang didapat dari buah-buahan ini adalah melindungi sel-sel sehat dari kerusakan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah

Nyaris semua jenis buah-buahan dan sayuran pada prinsipnya baik untuk pertumbuhan anak. Wortel, labu, ubi jalar, tomat, buah pepaya dan banyak buah-bauahan berwarna cerah lainnya mengandung beta karoten  yang tinggi dan karotenoid lain yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kulit dan penglihatan yang baik, pertumbuhan anak, dan perbaikan jaringan tubuh.

Demikian tadi beberapa jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan anak. Anda bisa memberikanya secara bergantian dan bertahap agar anak tidak bosan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 Inilah Daftar Makanan yang Baik untuk Pertumbuhan Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *