Inilah Faktor Penghambat Pertumbuhan Bayi yang Perlu Orang Tua Ketahui

Tumbuh kembang seorang buah hati itu dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung maupun penghambat. Sebagai orang tua harusnya telah memahami hal tersebut secara baik, dengan begitu Anda sebagai orang tua akan melihat pertumbuhan bayi sampai dengan menjadi seorang dewasa sebagai buah hati yang baik. Perhatikan dari mulai asupan nutrisi lengkap dari makanan ataupun minuman yang di konsumsinya sejak bayi. Kemudian juga faktor lingkungan yang baik, ataupun faktor-faktor lainnya. Ya, walaupun sebenarnya pertumbuhan pada anak itu berlangsung secara alami, tetapi setiap prosesnya sangat bergantung pada orang tua.

Selain dari faktor pendukung pertumbuhan Anda sebagai orang tua juga harus mengetahui secara pasti mengenai hal-hal yang menjadi penghambat. Dengan begitu Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan penanganan secara tepat. Berikut ini beberapa hal yang sering menjadi penghambat dalam tubuh kembang buah hati Anda, antara lain:

  • Penyakit.

Dengan mengidap suatu penyakit atau mudah terserang suatu penyakit ternyata menjadi faktor penghambat utama dalam sebuah pertumbuhan anak. Makanya sedini mungkin seorang bayi baru lahir akan diberikan beberapa imunisasi lengkap supaya tidak mudah terserang berbagai virus. Seperti yang diketahui adanya penyakit tersebut tentu akan mencegah pertumbuhan fisik ataupun mental anak Anda secara optimal.

  • Kurang gizi.

Faktor penghambat kedua dalam perkembangan bayi adalah adanya kekurangan gizi, bahkan beberapa penelitian menemukan fakta bahwa lebih dari seperempat kasus kematian bayi di negara ini disebabkan oleh kurangnya gizi. Anak yang kurang gizi tentunya sistem imun juga tidak kuat secara otomatis pertumbuhan bayi akan terganggu, makanya untuk menghindari hal tersebut orang tua sangat disarankan memberikan berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati semenjak bayi.

Baca Juga:Makanan Tambahan yang Membantu Pertumbuhan Bayi Usia 5 Bulan

  • Kebersihan kurang.

Ternyata kebersihan yang kurang mempunyai peran penting dalam menghambat pertumbuhan buah hati Anda. Pastikan anak selalu dalam keadaan bersih diri ataupun lingkungan yang ada disekitarnya. Apalagi mengenai makanan, minuman ataupun lainnya yang berada dalam sekelilingnya.

  • Tingkah laku orang tua.

Faktor eksternal yang menjadi penghalang pertumbuhan seorang bayi atau anak adalah tingkah laku dari orang tuanya sendiri. Umumnya orang tua akan lebih protektif ataupun lebih mudah memberikan bantuan kepada buah hati. Hal tersebut tentunya menjadikan anak tidak tumbuh secara optimal.

Bisa disimpulkan bahwa baik dari faktor internal ataupun eksternal mempunyai peranan yang dapat menjadikan kedalam perkembangan seorang anak terhambat. Jadi sebagai orang tua yang baru mempunyai buah hati pertama kali yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi yang dibutuhkan, kedua barulah lingkungan yang ada disekitarnya. Dengan begitu sudah dapat diyakini pertumbuhan bayi Anda akan optimal dan selalu diberikan kesehatan. Anak akan terbiasa tumbuh dengan baik jika banyak faktor pendukung yang diberikan dari para orang tua telah tepat.

Be Sociable, Share!
 Inilah Faktor Penghambat Pertumbuhan Bayi yang Perlu Orang Tua Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *