Inilah Faktor Penyebab Gizi Buruk Pada Anak dan Bayi

Memiliki anak yang sehat pasti jadi kebanggaan dan harapan untuk setiap orang tua. Meski demikian anak yang sehat tentu tak bisa dengan sendirinya begitu saja, melainkan juga orang tua punya peran di dalamnya. Setiap orang tua harus memberikan gizi yang cukup dan makanan yang sehat untuk si kecil sehingga dirinya bisa tumbuh dengan baik. Hal ini penting sekali sehingga anak atau bayi Anda bisa terhindar dari gizi buruk.

 Inilah Faktor Penyebab Gizi Buruk Pada Anak dan Bayi

Kondisi gizi yang buruk memang sedang menjadi banyak problema di beberapa daerah di Indonesia belakangan ini. Tentunya miris sekali melihat banyak kondisi anak dan bayi yang menderita gizi yang buruk. Berikut ini beberapa faktor yang menjadi latar belakang mengapa banyak anak yang bisa menderita gizi kurang atau buruk:

  • Terbatasnya penghasilan keluarga

Untuk faktor pertama adalah faktor yang paling umum terjadi yakni dengan keterbatasan penghasilan. Penghasilan keluarga memang mau tidak mau menjadi penentu hidangan makan yang disajikan untuk keluarga di keseharian. Sebetulnya persyaratan untuk makanan sehat tak melulu mahal, namun memang butuh modal juga untuk bisa berikan anak semua nutrisinya sehingga tak heran jika anak penderita gizi buruk ini hampir selalu dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi.

  • Kurangnya pengetahuan akan gizi dari makanan

Di dalam kehidupan masyarakat keseharian yang berpenghasilan cukup pun bukan berarti permasalahan gizi yang buruk pada anak ini bisa dikesampingkan. Hal ini lantaran faktor kurangnya pengetahuan orang tua terkait gizi pada makanan juga bisa menjadi penentunya. Kebutuhan nutrisi pada anak dan orang dewasa tentu berbeda sehingga memang orang tua juga wajib tahu pengetahuan akan hal ini.

Baca Juga:Hindarkan Anak dari Gizi Buruk dengan Asupan Berikut Ini!

  • Jarak kelahiran tidak terencana

Ternyata sudah banyak penelitian yang mampu membuktikan jika bayi serta anak yang mengalami gizi yang buruk ini kerapkali dipicu karena Ibu hamil lagi ketika anak masih kecil. Tentunya ha; ini akan menjadikan kesempatan untuk anak kurang dalam mendapatkan asupan gizi atau bahkan ASI yang seharusnya sedang dibutuhkannya di masa pertumbuhan. Oleh karena itu pertimbangan jarak kelahiran antar anak satu dengan selanjutnya seharusnya bisa lebih terencana lagi.

  • Kesukaan pada makanan khusus tertentu

Kadang anak juga suka pada satu makanan tertentu sehingga tak bisa makan jika tak makan menu tersebut. Rasa suka yang terlalu berlebihan seperti ini pun bisa jadi alasan anak kurang makanan lain sehingga bisa menjadikan gizinya buruk.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadikan anak menderita gizi buruk. Mayoritas alasannya adalah disebabkan dari faktor orang tua sehingga sebagai orang tua sepatutnya berusaha menjaga agar anak selalu dalam kondisi sehat dan juga tumbuh baik.

 

Be Sociable, Share!
 Inilah Faktor Penyebab Gizi Buruk Pada Anak dan Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *