Inilah Tips Memandikan Bayi Baru Lahir & Perlengkapannya

Merawat anak bayi pastinya sudah merupakan kewajiban kedua orang tua yang sudah memiliki anak ini, semua hal sebisa mungkin harus dilakukan bersama dengan tujuan agar anak juga bisa merasakan kasih sayang kedua orang tua ini yang akan berdampak juga pada kondisi psikologis anak pastinya. Untuk itu sangat penting sekali untuk kita memahami bagaimana caranya agar anak kita bisa dengan mudah kita rawat. Salah satu bentuk merawat yang baik adalah dengan memandikan anak, selain itu pastinya akan butuh tips memandikan bayi yang penting sekali terutama untuk orang tua yang masih baru.

Baca Juga : Tips memilih stroller bayi

Ada banyak sekali hal yang memang harus diperhatikan oleh orang tua agar kesehatan bayi juga tetap terjaga. Berikut ini adalah tipsnya antara lain:

  1. Menggunakan air hangat, ini sudah merupakan hal yang wajib karena suhu tubuh bayi yang masih belum bisa menerima air dingin ataupun air yang terlalu panas. Jadi dengan menggunakan air hangat ini juga bisa membantu dalam merilekskan bayi.
  2. Jangan terlalu banyak menggunakan busa, karena busa ini juga mengandung detergent yang tentunya sangat tidak baik untuk bayi yang masih dalam tahap perkembangan dan juga untuk bayi yang kulitnya masih sangat sensitif.
  3. Jangan menggunakan sabun antiseptik, hal ini bisa membuat kulit bayi yang masih berkembang jadi terhambat perkembangannya karena adanya penggunaan sabun ini.
  4. Gunakan waslap, ini merupakan salah satu perlengkapan yang baik untuk membantu dalam memandikan bayi agar semua badan bayi bisa kita jangkau tanpa sulit dan bisa membuat bayi merasa nyaman juga.
  5. Pastikan selama memandikan tubuh bayi di topang, hal ini berguna sekali karena memang ini akan membuat tubuh bisa dimandikan dengan mudah dan peganglah bayi dengan erat.

Setelah kita mengetahui beberapa tips memandikan bayi kini adalah saatnya untuk kita tahu apa saja sebenarnya perlengkapan yang akan dibutuhkan oleh bayi ini. Berikut ini adalah perlengkapan yang dibutuhkan antara lain:

  1. Waslap, ini adalah kain yang penting dan carilah kain yang lembut.
  2. Bak mandi, carilah yang kecil dan cukup muat untuk memandikan bayi dan untuk tangan kita.
  3. Sikat gigi khusus bayi, ini juga bisa digunakan untuk menggosok gusi bayi.
  4. Handuk, carilah stok handuk yang banyak dan juga yang menggunakan bahan yang halus untuk tubuh bayi.

Baca Juga : Tips menyimpan ASI perah agar tahan lama

Jika sudah membeli beberapa peralatan ini maka hal yang tidak kalah penting adalah kita juga harus bisa mengatur agar bayi kita bisa menggunakan pakaian lagi sesudahnya. Selalu siapkan segala perlengkapan terlebih dahulu sebelum kita memandikan bayi kita agar semua akan terasa lebih mudah pastinya.

Ada banyak memang yang harus disiapkan oleh seorang orang tua agar bayinya bisa mandi dengan nyaman. Setelah dimandikan bayi memang harus dibedaki dan juga diberikan minyak agar tubuhnya akan tetap hangat dan juga tubuhnya tidak akan menggigil yang sangat bahaya sekali pastinya.

Jika semua sudah terasa beres, maka kita sudah bisa menidurkan kembali bayi pada box bayi setelah itu kita bisa merapikan segala peralatan yang digunakan untuk mandi. Tips memandikan bayi ini bisa digunakan untuk segala jenis umur bayi pastinya. Sebagai orang tua memang perannya akan sangat diperlukan sekali dalam membuat tubuh bayi merasa nyaman dan juga untuk membuat bayi bisa lebih sehat.

 

Be Sociable, Share!
 Inilah Tips Memandikan Bayi Baru Lahir & Perlengkapannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *