Intip Ragam Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

 

Saat menyusui adalah masa masa yang tidak akan tergantikan oleh apapun. Segala tumbuh kembang bayi bergantung pada asupan yang kita berikan melalui ASI. Oleh karena itu, ibu menyusui wajib memperhatikan asupan nutrisinya. Asupan nutrisi pada ibu menyusui harus tercukupi agar produksi air susu juga melimpah. Bisa juga dengan bantuan daun katuk. Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui sudah lama terkenal untuk membantu meningkatkan jumlah produksi air susu (Lebih lanjut bisa dibaca di https://review.bukalapak.com/mom/ibu-menyusui-harus-tahu-5-manfaat-daun-katuk-ini-34777). Tapi tidak hanya daun katuk, masih ada banyak beragam makanan sehat untuk ibu menyusui.

Penasaran apa saja makanan sehat untuk ibu menyusui tersebut? Berikut beberapa di antaranya.

Telur

Telur merupakan salah satu pilihan yang paling banyak direkomendasikan untuk ibu menyusui. Selain mudah didapat dan harga yang tidak terlalu mahal, telur merupakan sumber protein yang tinggi. Telur ini bisa dikonsumsi dalam bentuk apapun, baik rebus maupun goreng.

inilah-manfaat-telur-dan-cara-menyimpannya-alodokter.jpg (650×433)

Ikan Salmon

Ikan salmon terkenal dengan kandungan DHA yang tinggi, sehingga baik untuk perkembangan saraf otak bayi. Nah, jumlah DHA yang terkandung di dalam ASI ini juga bergantung dari makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Sehingga ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui agar bayi menjadi lebih cerdas. Tidak hanya itu, mengonsumsi ikan salmon dipercaya dapat menurunkan depresi pasca melahirkan atau lazim disebut dengan baby blues syndrome.

Beras merah

Mengonsumsi beras merah identik dengan pola diet untuk menurunkan berat bedan. Hal ini karena beras merah tidak menyebabkan gula darah meningkat drastis seperti halnya saat mengonsumsi beras putih. Namun, beras merah ini juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu menyusui karena mengandung lebih banyak serat dan nutrisi. Sehingga, ibu menyusui juga menjadi tidak mudah merasa lapar.

beras-merah.jpg (500×331)

Sayuran hijau

Agar produksi ASI melimpah, ibu menyusui harus banyak pula mengonsumsi sayur sayuran hijau. Seperti misalnya daun bayam, daun katuk maupun brokoli. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam sayuran hijau sangat baik untuk ibu menyusui dan bayinya. Tidak hanya itu, dalam sayuran hijau juga terdapat kalsium, zat besi serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Susu

Saat mengandung dan menyusui, maka kalsium ibu akan terserap untuk bayi. Hal ini menyebabkan wanita lebih rentan mengalami osteoporosis dan gigi berlubang. Oleh karena itu, ibu juga harus mengompensasinya dengan minum susu. Susu yang merupakan sumber kalsium tinggi, akan mengembalikan kalsium yang diberikan ibu ke bayi. Selain itu, ada kandungan vitamin D, protein serta vitamin lainnya. Susu ini tidak hanya dalam bentuk susu cair, melainkan juga bisa produk turunannya seperti yoghurt dan keju

Kurma

Salah satu jenis makanan lainnya yang direkomendasikan untuk ibu menyusui adalah kurma. Kurma ini juga mengandung banyak kalsium yang juga membuat produksi ASI semakin berlimpah. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Kurma selain dapat dimakan langsung juga sudah banyak produk yang membuat versi sari kurma.

Jeruk

Terakhir, ibu menyusui juga baik untuk mengonsumsi beragam buah, jeruk utamanya. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan ibu menyusui. Tidak hanya itu, jeruk juga akan memperlancar pencernaan. Namun harus hati hati karena tidak semua bayi tahan terhadap kandungan jeruk, sehingga dikhawatirkan akan terjadi diare.

Itu dia ragam makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Selamat meng-ASI-hi!

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan