Jenis-Jenis Bubur Bayi Mpasi Yang Terbaik

Setelah baik menginjak usia 6 bulan sudah waktunya diberi makanan tambahan agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Makanan yang tepat saat pertama kali adalah pure atau bubur bayi. Proses memberikan bubur tidak boleh sekaligus, harus dilakukan secara bertahap, mulai dari teksturnya yang cair hingga jumlah nya hanya beberapa sendok.

Hal tersebut dilakukan agar bayi bisa adaptasi dan terbiasa dengan rasa yang baru. Pemberian bubur cair atas pertimbangan sistem pencernaannya yang masih rentan. Baru setelah umurnya bertambah, ia bisa diberikan bubur dengan tekstur yang kental.

Namun tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih jenis bubur yang tepat. Jika Anda salah satunya, jangan khawatir karena pembahasan dalam artikel ini adalah mengenai jenis bubur yang sehat dan cocok dijadikan makanan pendamping ASI.

Bubur Susu

Bubur susu adalah salah satu jenis makanan yang disarankan untuk makanan pendamping ASI saat pertama kali diberikan. Selain rasanya yang lezat, bubur susu memiliki tekstur yang lembut. Untuk pertama kali pemberian sebaiknya bubur di buat encer, agar lidah dan pencernaannya bisa adaptasi dengan baik.

Cara membuat bubur bayi sangat mudah, caranya: siapan 1 sendok makan tepung beras. Lalu campurkan dengan ASI sebanyak 200 ml. Aduk bahan hingga tercampur rata. Setelah itu masak campuran bubur tepung dengan ASI sampai mendidih. Jika kurang encer bisa tambahkan ASI atau air putih matang. Setelah masak, pindahkan ke mangkok dan diamkan sampai bubur hangat suam-suam kuku lalu siap disantap oleh bayi.

Baca Juga: BEBERAPA JENIS MPASI SEHAT

Bubur Susu Kentang

Bahan bubur bayi berikutnya adalah bubur susu dan kentang. Kedua bahan tersebut cocok diberikan untuk bayi yang baru memasuki usia 6 bulan. Cara membuatnya sangat mudah. Pertama-tama siapkan 50 gram kentang yang sudah dikupas dan potong-potong. Kukus kentang sampai lunak.

Setelah itu haluskan kentang, caranya bisa diblander agar teksturnya lebih halus. Tambahkan ASI lalu campur menggunakan blander. Setelah halus saring bubur agar kentang yang menggumpal tidak terambil.

Bubur Sayuran (Brokoli)

Selain buah, bayi juga membutuhkan nutrisi yang terdapat di dalam sayuran. Itu sebabnya bubur sayur direkomendasikan untuk bayi agar tubuhnya sehat.cara membuatnya sama dengan bubur lainnya, sangat mudah.

Pertama-tama siapkan brokoli yang sudah dicuci bersih. Lalu potong-potong dan kukus. Setelah selesai dikukus haluskan menggunakan blander. Setelah itu masukkan ASI dan blander kembali, agar kedua bahan tercampur dengan rata. Selain brokoli Anda bisa membuat bubur dari bahan sayuran lainnya yang dianjurkan, contohnya: bayam, labu kuning dsb.

Itulah beberapa jenis bubur bayi yang direkomendasikan dan terbukti dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya, Agar bayi tidak bosan, buat variasi menu atau buat jadwal makan bayi dengan bahan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Be Sociable, Share!
 Jenis-Jenis Bubur Bayi Mpasi Yang Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *