Jenis Makanan Bayi yang Wajib Diketahui Para Ibu Muda

Makanan yang diberikan pada bayi berbeda dengan makanan yang dikonsumsi anggota keluarga lain pada umumnya. Jelas, ini karena bayi memerlukan makanan khusus yang disesuaikan dengan usia serta perkembangan pencernaannya. Makanan bayi yang tepat perlu diperhatikan khusus oleh orang tua. Berikut ini jenis makanan bayi yang wajib diketahui para ibu muda, agar bayi Anda dapat tumbuh dengan baik.


ASI

Jenis makanan bayi satu ini adalah yang paling penting. Semua jenis zat gizi yang dibutuhkan bayi ada pada makanan ini. Selain itu, ASI juga mengandung zat-zat yang bisa melindungi bayi dari penyakit atau infeksi.

Meski demikian, menurut usia dan perkembangan pencernaannya, bayi juga akan memerlukan makanan tambahan lain atau dikenal sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Ada beragam jenis makanan yang dapati diberikan, seperti susu formula, biskuit, bubur serta buah-buahan,


Susu Formula

Pemberikan susu formula untuk bayi perlu diperhatikan benar, karena sebenarnya makanan utama bayi adalah ASI. Kadang, ada bayi yang terpaksa harus minum susu formula sejak usia sangat dini karena satu dan lain hal.

Bagi Anda yang memang memberikan susu formula untuk bayi, sebaiknya pilih susu formula yang komposisinya mirip dengan ASI. Selain itu, perhatikan juga respon bayi, apakah dia mau minum susu tersebut atau tidak. Lalu, perhatikan juga kondisi pencernaan bayi, karena meski bayi mau minum, belum tentu setiap susu formula cocok dengan pencernaannya.

Buah-buahan

Buah-buahan biasanya diberikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi yang telah berusia enam bulan ke atas. Sumber vitamin dan mineral satu ini sangat baik untuk bayi. Jenis buah yang dapat diberikan seperti jeruk, pepaya, pisang ataupun tomat dalam bentuk jus. Tetapi perlu diperhatikan, hindari jenis buah-buahan yang bergetah seperti sawo, nanas, durian atau mangga dan lainnya, karena masih rentan terhadap bayi dan dikhawatirkan bisa menyebabkan diare.

Pemberian makanan pendamping berupa buah-buahan sebaiknya dilakukan bertahap. Anda bisa memberikan sekitar 30-50 ml terlebih dahulu sebagai perkenalan. Lalu perhatikan kondisi pencernaan bayi. Jika ternyata bayi diare, maka ganti dengan buah yang yang lebih cocok.


Makanan Padat

Pada usia lima hingga enam bulan, bayi sudah dapati diberi makanan pendamping berupa makanan padat seperti bubur yang masih ditambah dengan ASI atau susu. Bubur susu biasanya terbuat dari bahan tepung serelia seperti beras, maizena, terigu atau havermout. Bubur susu dapat diperoleh dengan membuat sendiri ataupun membeli bubur susu instan.

Makanan Selingan

Makanan padat lain yang dapat diberikan pada bayi adalah biskuit. Biskuit dapat diberikan pada bayi dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan susu atau air matang. Tetapi juga dapat diberikan dalam bentuk kepingan yang dapat dipegang bayi sendiri. Hal ini lebih baik karena dapat melatih melatih keterampilan jari-jemari tangannya (motorik halus) serta merangsang pertumbuhan gigi pada bayi.

Selain biskuit, bayi juga bisa diberikan makanan pendamping seperti roti, agar-agar, puding, bubur kacang hijau, dan lainnya.

 Jenis Makanan Bayi yang Wajib Diketahui Para Ibu Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *