Jenis Makanan untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Bayi di Bawah 1 Tahun

Anak merupakan anugerah terindah bagi para orang tuanya. Menjadi kewajiban orang tua untuk mencukupi kebutuhannya apalagi saat ia masih di usia awal kehidupan. Bayi berusia di bawah 6 tahun wajib di beri ASI sebagai pemenuhan kebutuhannya. Di usia 0 hingga 6 bulan, diharapkan hanya ASI saja yang diberikan tanpa ada makanan apalagi makanan padat yang masuk ke perut bayi sehubungan dengan sistem cerna bayi yang belum sempurna. Namun setelah bayi memasuki usia 6 bulan, maka makanan tambahan lain perlu mulai diperkenalkan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang semakin meningkat.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi Anda:

  • Bubur beras merah.

Beras merah sejak dari dulu memang terkenal mengandung gizi yang baik bukan hanya untuk bayi namun juga untuk manusia dewasa. Menjadikan beras merah sebagai bahan bubur bayi sangat umum dilakukan oleh para ibu terutama di usia bayi 6 hingga 8 bulan.

  • Ikan.

Ikan yang telah dihaluskan dapat digunakan sebagai lauk dengan porsi kecil untuk melengkapi kebutuhan protein si kecil.

  • Buah alpukat.

Bubur buah alpukat dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat bayi.

Bayi usia 6 hingga 8 bulan dapat diberikan bubur dengan saring agar lebih menjaga kehalusan teksturnya. Sedangkan untuk bayi usia 8 bulan hingga 12 tahun, dapat diberikan nasi tim yang lebih bertekstur untuk melatih pertumbuhan gigi serta sistem cernanya. Berikan porsi kecil namun sering kepada bayi untuk melatihnya beradaptasi dengan makanan padat. Namun hindari memberi makanan padat bayi saat menjelang waktu tidurnya, berikan ASI menjelang malam hari karena ASI mengandung gizi yang dibutuhkan untuk bermetabolisme yang umumnya terjadi di malam hari.

Baca Juga: Makanan Bayi Yang Harus Dihindari

Kebutuhan gizi bayi dilihat dari jenisnya adalah sama dengan kebutuhan orang dewasa, namun yang membedakan adalah jumlahnya. Berikut ini adalah jenis-jenis sayuran dan buah yang baik untuk memenuhi gizi anak Anda untuk usianya yang belum menginjak 1 tahun

  • Brokoli.
  • Bayam.
  • Jagung.
  • Pepaya.
  • Kedelai.
  • Daging.

Dengan usaha orang tua untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi diharapkan tidak ada lagi bayi di Indonesia yang mengalami gizi buruk di usia pertumbuhannya. Membaca literatur macam-macam bahan makanan untuk bayi juga penting agar bayi mendapat varian makanan yang beragam untuk mencegah terjadinya alergi di masa mendatang. Pemenuhan gizi di umur 0 hingga 4 tahun sangatlah penting untuk menyempurnakan perkembangan organ-organ vital anak sehingga kelak tidak mudah terserang penyakit dan dapat tumbuh serta berkembang dengan normal.

Be Sociable, Share!
 Jenis Makanan untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Bayi di Bawah 1 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *