Jenis Minuman yang Bisa Digunakan untuk Pengganti ASI Bayi

Bayi yang baru keluar membutuhkan minuman khusus yang bisa di konsumsinya. Hanya ASI yang tepat untuk menjadi minuman yang diberikan kepada bayi. Hal tersebut karena ukuran lambung dan pencernaannya yang hanya sekepalan tangannya. Sehingga tidak bisa untuk diberikan bahan lainnya yang kiranya akan memberatkan kerja pencernaan bayi tersebut. Akan tetapi apabila terpaksa, bayi juga bisa diberikan pengganti ASI bayi tersebut berupa susu formula khusus.

Akan tetapi pemberian susu formula tersebut sebaiknya dihindari oleh orangtua karena memang akan lebih baik untuk memilih menyusui bayi sendiri. Berikan ASI eksklusif untuk bayi selama 6 bulan tanpa dampingan bahan makanan dan minuman lainnya. Ketika melebihi 6 bulan atau saat orangtua merasa bayi sudah bisa mencerna makanan pendamping ASI seperti buah, biskuit, dan sayur serta bubur bayi maka MPASI tersebut diberikan idealnya mulai 6 bulan. Akan tetapi tentu saja sebaiknya ASI terus diberikan kepada bayi hingga umur 2 tahun atau sampai ia menolak menerima ASI yang diberikan oleh ibu.

Apabila ibu ingin menyusui anaknya secara eksklusif sehingga bayinya akan menerima banyak manfaat dari pemberian ASI secara eksklusif tersebut. Maka ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh ibu agar air susunya lancar dan bisa menyusui sesuai dengan kemauannya. Hal-hal tersebut antara lain:

ASI memang mempunyai banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu ASI tidak mempunyai efek samping dan berbahaya sehingga memang akan lebih untuk memberikan ASI kepada bayi terutama pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan. Pengecualian apabila ibu tidak bisa memproduksi ASI dengan baik sehingga harus memberikan susu formula sebagai pengganti ASI yang tidak bisa diberikan kepada bayinya.

Pengganti ASI bayi berupa susu formula tidak akan memberikan efek seperti ASI dari ibu. Tetapi setidaknya susu formula tersebut dapat untuk memberikan kebutuhan bayi dari kandungan yang dibutuhkan dan juga efek dari konsumsi susu formula ASI tersebut. Pemberian susu formula ini sendiri harus mempertimbangkan beberapa hal agar tetap memberikan yang terbaik untuk anak seperti:

  • Berikan susu formula khusus yang ditujukan untuk bayi 0 hingga 6 bulan.
  • Berikan jenis susu yang dibutuhkan dan perhatikan kemungkinan alergi bahan susu.
  • Berikan susu formula dari merek yang terbaik dengan kandungan gizi yang dibutuhkan.

 

Be Sociable, Share!
 Jenis Minuman yang Bisa Digunakan untuk Pengganti ASI Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *