Jenis MPASI Bayi yang Bisa Dipilih Hingga Usia 1 Tahun

Mpasi adalah makanan pendamping untuk anak yang minum asi. MPASI bayi ini diberikan kepada bayi yang telah memenuhi syarat untuk dapat mengkonsumsi makanan lain selain air susu yang diberikan ibu. Untuk usia bayi yang bisa diberikan Mpasi ini sendiri tergantung dari ketahanan bayi masing-masing. Dimana biasanya untuk usia yang bisa diberikan Mpasi ini adalah 6 bulan, tetapi ada juga bayi yang bisa diberikan Mpasi sebelum itu yaitu umur 3 hingga 4 bulan. Bayi yang menunjukkan bisa untuk diberikan Mpasi seperti tidak kenyang dengan susu dan selalu lapar. Pastikan juga pencernaan bayi bisa untuk mencerna makanan yang akan diberikan. Oleh karena itu orangtua harus memperhatikan usia bayi dan jenis Mpasi yang diberikan. Untuk usia bayi dan jenis Mpasi yang bisa dipilih misalnya:

  • Bayi usia 4 hingga 6 bulan

Usia ini adalah usia awal bayi diberikan makanan pendamping ASI sehingga harus memilih jenis makanan yang bertekstur lembut. Untuk Mpasi di awal pemberian ini bahan makanan yang akan diberikan harus dicampurkan dengan ASI atau susu formula agar bayi tertarik dan mulai terbiasa untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Jenis bahan yang bisa dipilih untuk usia ini seperti sereal khusus bayi yang dicampur dengan susu yang masih di konsumsinya. Selain itu, pilihlah jenis makanan lembut dan usahakan jangan yang bertekstur padat karena pencernaan bayi yang masih sangat lemah.

  • Bayi usia 6 hingga 8 bulan

Tahap kedua adalah MPASI bayi usia 6 hingga 8 bulan yang pencernaannya sudah lebih kuat daripada sebelumnya. Pada fase ini biasanya bayi sudah dapat untuk duduk di kursi tanpa bantuan orangtuanya. Untuk usia bayi dalam masa pertumbuhan 6 hingga 8 bulan, Anda dapat memberikan buah dan juga sayur yang di blender dengan lembut. Misalnya pilih buah seperti alpukat, wortel, bayam, ubi, dan juga jenis sayur dan buah yang lain

  • Bayi usia 8 hingga 10 bulan

Beberapa bulan sebelum bayi menginjak 1 tahun ini sebaiknya sudah memberikan makanan yang sedikit berat untuk bayi. Selain sereal dan juga bubur untuk makanan pendamping ASI yang diberikan, bayi tentunya juga sudah biasa dengan rasa buah dan juga sayur. Makanan lain bisa ditambahkan untuk variasi rasa seperti kuning telur, ikan tanpa duri, dan juga daging halus.

  • Bayi usia 10 hingga 12 bulan

Dan usia bayi 10 hingga 12 bulan dapat diberikan MPASI bayi yang mulai bertekstur padat. Pada usia ini orangtua bisa untuk memberikan buah, sayur, bubur, dan juga bahan kacangan-kacangan, telur yang utuh, dan banyak jenis makanan lainnya. Pastikan bahan yang dipilih mempunyai gizi yang dibutuhkan dan hindari makanan untuk Bayi menggunakan pengawet dan penyedap.

 

 Jenis MPASI Bayi yang Bisa Dipilih Hingga Usia 1 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *