Jenis Popok Bayi yang Aman untuk Si Kecil

Salah satu perlengkapan yang harus Anda masukkan ke dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli adalah popok bayi. Popok ini tentu saja akan sangat bayi Anda butuhkan untuk menampung air kencing maupun berak bayi. Dengan adanya popok ini maka air kencing bayi tidak akan mengenai pakaian lainnya. Pada saat ini jenis popok juga beragam tergantung dari masing-masing ibu untuk memakai yang mana. Simak jenis popok bayi yang aman untuk si kecil berikut ini.

Salah satu popok yang sering digunakan oleh ibu, terutama ibu muda adalah popok diaper. Berikut adalah kelebihan dan juga kekurangan dari popok diaper sebagai bahan pertimbangan Anda dalam membelinya.

  • Lebih efisien karena sekali pakai dan buang

Kelebihan dari popok ini adalah lebih efisien karena Anda tidak perlu lagi mencuci popok ini. Yaitu ketika kotor Anda dapat langsung membuangnya. Jadi popok ini hanya satu kali pakai saja.

  • Mahal dan menyebabkan ruam

Dan sisi negatif dari popok diaper ini adalah harganya yang lumayan mahal karena sehari bayi dapat menghabiskan lebih dari satu popok. Selain itu popok ini dapat menyebabkan ruam apabila kulit bayi Anda sensitif.

Ada sebagian ibu yang lebih menyukai popok ini karena lebih hemat. Hanya digunakan sekali pakai dan langsung dibuang pada saat telah kotor akan membuat popok ini sangat bagus untuk dipakai pada saat perjalanan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu sampah yang paling banyak ditemukan di sungai adalah bekas popok bayi ini.

Apabila Anda kurang suka menggunakan popok jenis diaper, maka Anda dapat menggunakan popok kain. Sama halnya dengan popok diaper, popok ini juga mempunyai sisi lebih dan kurang, yakni:

  1. Tidak menyebabkan ruam
    Sisi lebih dari popok kain adalah popok ini aman untuk semua jenis kulit bayi. Karena permukaan kain yang lembut maka popok ini tidak menyebabkan ruam atau gatal-gatal pada bayi.
  2. Kerepotan untuk selalu mengganti popok
    Namun sisi kurang dari popok jenis ini adalah Anda harus kerepotan dalam mengganti dan mencuci popok ini. selain itu setiap kali popok ini sudah kotor, maka Anda harus langsung menggantinya agar bayi tidak gatal.

Dari kedua sisi lebih dan sisi kurang dari jenis popok diaper maupun popok kain tersebut, Anda dapat memilah sendiri jenis popok apa yang seharusnya Anda gunakan untuk bayi Anda. Atau malah sebenarnya Anda dapat memakaikan kedua popok ini untuk bayi Anda namun tentu saja untuk waktu atau aktivitas yang berbeda.

Memang kedua popok ini merupakan popok yang pastinya sama-sama Anda butuhkan namun dalam jangka waktu yang berbeda, yakni:

  1. Bayi lahir pakai popok kain
    Pada saat bayi Anda baru lahir maka sebaiknya Anda menggunakan popok kain. Hal ini supaya bayi tidak merasakan gatal dan bayi merasa nyaman.
  2. Usia satu bulan pakai popok diaper
    Pada saat bayi Anda usia satu bulan atau sudah sangat aktif, maka Anda dapat memakaikan popok diaper. Karena popok ini pas untuk bayi yang mulai aktif bergerak.

Sehingga pada dasarnya antara popok diaper atau popok kain sama-sama Anda butuhkan. Namun pastikan apabila Anda memilih popok bayi maka usahakan untuk memilih yang bahannya lembut agar tidak menyebabkan ruam merah dan iritasi. Selain itu usahakan untuk selalu membuang popok diaper pada tempat sampah yang khusus dan tidak membuangnya di sungai.

Be Sociable, Share!
 Jenis Popok Bayi yang Aman untuk Si Kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *