Kandungan Kacang Almond Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan

( Foto : Amoils )

Almond atau Badam adalah sejenis buah yang dihasilkan oleh tanaman prunus dulcis gang berasal dari Timur Tengah. Badam sendiri artinya buah yang bijinya dapat dibuat minyak. Siapa sangka ternyata Almond ini masih satu keluarga dengan buah Persik. Hanya saja, kulit buah Almond tidak dilapisi daging buah yang manis. Kulitnya keras dan bijinya bisa dimakan, biji tersebut yang kemudian kita sebut kacang. Manfaat kacang almond ada banyak sekali, dalam 100gr kacang almond, terdapat kandungan protein 22g dengan total kandungan lemak tak jenuh sebanyak 32g.

Selain itu, kacang Almond juga mengandung kalsium, magnesium, zinc, dan Vitamin E yang tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Almond terbagi menjadi dua varietas, yakni Almond pahit dan Almond manis. Almond pahit biasanya diproduksi menjadi minyak almond dan almond manis kebanyakan dikonsumsi sebagai camilan.

Cara mengkonsumsi kacang almond pun bermacam-macam. Kita bisa memakannya langsung saat mentah, dipanggang, ataupun dibuat susu. Banyak penjual yang menawarkan produk yang berbahan dasar almond. Sayangnya, harga almond ini relatif mahal dibandingkan dengan kacang lain seperti kacang tanah dan kacang mete. Hal ini berpengaruh terhadap daya beli masyarakat di Indonesia. Padahal harga yang mahal itu tentu saja sebanding dengan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Berikut beberapa manfaat kacang almond untuk kesehatan:

( Foto : Mother Jones )

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kacang almond yang kaya akan Vitamin E dan antioksidan, dapat melindungi sel darah dari kerusakan pembuluh arteri, di mana arteri ini merupakan pembuluh darah yang vital bagi jantung. Jika aliran darah lancar, maka jantungpun akan sehat sehingga hal ini akan menurunkan risiko terkena serangan jantung.

  1. Menekan Kolesterol Jahat

Seperti diketahui, dalam 100gr kacang almond, terdapat lemak tak jenuh sebanyak 32g. Jika dikonsumsi dengan baik, maka hal ini bisa secara otomatis menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh asosiasi kesehatan jantung Amerika, menemukan fakta bahwa mengkonsumsi almond kurang lebih 100gr setiap harinya bisa menurunkan kolesterol jahat sebanyak 15 persen.

  1. Sumber kalori

100gr Kacang almond setara dengan 578 Kkal. Di mana kandungan kalorinya ini sudah mencakup 1/4 dari total kalori yang diperlukan tubuh setiap hari. Dengan demikian, jika seseorang mengkonsumsi kacang almond secara rutin, maka asupan kalori perharinya akan terpenuhi sehingga tidak perlu lagi mengkonsumsi banyak makanan lainnya. Untuk itu, kacang almond cocok sebagai menu untuk Anda yang sedang menjalankan diet.

  1. Baik untuk Janin

Kandungan kacang almond yang kaya akan folat tentu baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat sendiri merupakan salah satu kebutuhan yang penting untuk perkembangan otak dan sel jaringan pada janin. Jika kebutuhan folatnya terpenuhi, maka janin akan terhindar dari risiko cacat lahir. Selain itu, ibu hamil yang mengkonsumi almond secara teratur, akan terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya karena almond mengandung serat pangan yang baik untuk tubuh.

  1. Menyehatkan Rambut

Almond yang sudah diproduksi menjadi minyak, memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan magnesiun dalam almond, baik untuk mencegah kerontokan rambut. Magnesium sendiri biasanya dipakai dalam produk-produk perawatan rambut. Dengan rutin memakai minyak almond, maka Anda tidak perlu takut lagi dengan rambut rontok.

  1. Alternatif Susu Sapi

Almond yang sudah diolah menjadi susu, bisa dijadikan sebagai alternatif bagi Anda yang intoleran terhadap susu sapi. Kandungan protein di dalam Almond, bisa menjadi pengganti protein hewani yang dihasilkan dari susu sapi sehingga cocok dikonsumsi Anda yang tidak bisa mengkonsumsi laktosa. Tekstur dari susu almond biasanya lebih kental dan pucat dibandingkan dengan susu sapi.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan