Kandungan Susu Formula untuk Balita Sehat

Setiap orang tua pasti mengingankan yang terbaik untuk anaknya, terutama anak yang berada pada masa perkembangan dan pertumbuhan, yaitu anak usia balita atau bawah lima tahun. Salah satu upaya orang tua untuk memberikan yang terbaik untuk anaknya demi mendukung proses pertumbuhannya adalah dengan memberinya susu formula terbaik. Selepas memberikan ASI secara ekslusif, memberikan susu formula merupakan salah satu jalan terbaik. Dalam susu formula, terdapat banyak kandungan baik yang sangat bermanfaat bagi balita yang berada pada masa keemasan perkembangannya. Berikut ini adalah beberapa kandungan susu formula untuk balita sehat beserta manfaatnya bagi balita.

Kandungan AA-DHA

Salah satu kandungan utama dalam susu formula untuk balita sehat adalah AA-DHA. AA-DHA bersungsi untuk memantik pertumbuhan otak balita sehingga balita menjadi lebih cerdas. Usia bawah lima tahun merupakan masa keemasan tumbuh kembang kinerja otak. Sel-sel pada otak akan terhubung lebih mudah dengan asupan AA-DHA yang cukup. AA-DHA juga berfungsi untuk merangsang perkembangan syaraf mata pada bayi.

Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang berfungsi untuk menunjang kecerdasan bayi. Zat besi berperan penting dalam proses perkembangan sistem syaraf balita sehingga balita dapat memprosuksi hemoglobin dan myoglobin dengan cukup. Fungsi zat besi yang tidak kalah pentingnya adalah untuk menjegah anemia dan mencegah gangguan-gangguan lain yang berpotensi mengganggu proses pertumbuhan balita.

Kolin

Kolin adalah satu nutrisi yang berperan membantu pembentukan membaran sel dan membantu membangun sistem syaraf pada balita. Usia balita merupakan masa keemasan proses tumbuh kembangnya, sel-sel pada tubuhnya terus diperbaharui. Kolon memiliki peran penting dalam meremajakan dan memperbaharui sel-sel pada otak balita. Jumlah kebutuhan kolin balita semakin meningkat seiring pertambahan usianya, sehingga mengkonsumsi susu formula yang mengandung nutrisi kolin sangat dianjurkan.

Baca Juga : Ciri-ciri Balita Sehat

Kalsium

Kalsium merupakan zat yang terkandung dalam susu formula yang memiliki peran aktif dalam proses pembentukan tulang dan membantu mempertahankan kepadatan tulang agar tidak gampang keropos. Kalsium juga berfungsi memperkuat gigi balita agar tidak mudah berlubang. Mengkonsumsi kalsium dengan kadar yang cukup akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan balita, terutama karena dapat membantu meningkatkan tinggi badan pada balita yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Maka tidak heran jika banyak susu formula untuk balita yang menawarkan kadar kalsium yang tinggi.

Vitamin A

Selain kalsium, zat pada susu formula yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang tulang adalah Vitamin A. Vitamin A juga berperan penting untuk melindungi tubuh balita dari virus. Fungsi vitamin A yang paling utama adalah membantu meningkatkan kualitas penglihatan.

Itulah beberapa kandungan utama pada susu formula yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan balita sehat. Selain memberikan susu formula, orang tua harus mengimbangi gizi anak dengan makanan-makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi baik, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Be Sociable, Share!
 Kandungan Susu Formula untuk Balita Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *