Kapan Waktu yang Tepat dalam Memberikan Mpasi Bayi?

Bayi sehat merupakan bayi yang mendapatkan asi secara eksklusif yang mana memang pada dasarnya sang bayi membutuhkan asi selama enam bulan, dan setelah lebih dari enam bulan, maka bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping asi atau sering juga dikatakan sebagai mpasi bayi yang mana dalam hal memberikan mpasi untuk bayi tersebut haruslah dilakukan dengan cara yang benar serta berhati-hati dalam hal pemilihan makanan.

Bagi bayi yang belum genap berumur enam bulan, maka alangkah baiknya jika tidak untuk memberikan minuman selain asi serta makanan padat, karena pada usia-usia tersebut, bayi akan mudah mengalami resiko alergi terutama pada makanan seperti ikan, susu sapi, kacang, keju, telur atau makanan lain yang mengandung gluten termasuk pada roti. Pada setiap bayi akan memiliki tumbuh kembang yang berbeda, dengan begitu maka Anda perlu untuk memperhatikan pada bayi Anda.

Adapun beberapa hal yang dapat Anda ketahui mengenai tanda bahwa bayi Anda sudah siap untuk mendapatkan mpasi bayi ketika sudah genap berusia 6 bulan, yaitu seperti yang ada di bawah ini:

  1. Sang anak sudah mulai meraih makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Hal ini terjadi karena sudah adanya koordinasi antara mata, tangan serta mulut.
  2. Anak sudah bisa duduk dengan sendirinya.
  3. Anak sudah dapat menelan makanan meskipun makan tersebut akan dikeluarkannya ke luar mulut.

Adapun cara yang dapat Anda lakukan selaku orang tua untuk dapat membiasakan sang anak dengan makanan pendamping asi, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Ajaklah sang anak untuk melakukan makan bersama.
  2. Berikan makanan yang berbeda pada setiap harinya. Tetaplah memperhatikan kandungan gizi serta nutrisi yang terkandung pada makanan tersebut.
  3. Hindarilah pemaksaan bayi dalam mengkonsumsi makanannya.
  4. Jangan pernah meninggalkan sang anak seorang diri.
  5. Biarkan sang bayi mengambil serta memasukan makanan ke mulutnya.
  6. Buatlah suasana makan yang menyenangkan, misalnya dengan memberikan lantunan music serta menggunakan perlengkapan makanan yang lucu serta memiliki warna yang cerah.
  7. Hindari pada penambah rasa, garam dan gula pada makanan bayi.
  8. Berikan makanan dengan porsi kecil namun sering.
  9. Pakaian celemek pada leher bayi agar apabila makanan tumpah tidak akan membuat baju nya kotor.

Banyak diantara orang tua yang merasa buru-buru dalam hal memberikan makanan kepada sang anak, sedangkan apabila pemberian makanan kepada sang anak yang belum pada usianya, maka hal ini pun juga akan berdampak buruk pula pada pertumbuhan Anak. Dan apabila sang anak sudah saatnya mendapatkan mpasi bayi, maka perhatikan dengan baik kebiasaan serta pola makanan pada anak termasuk pada jenis makanan sehat dan alami yang bisa di dapat dari buah serta sayuran.

 

 Kapan Waktu yang Tepat dalam Memberikan Mpasi Bayi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *